Wadah partisipasi anak untuk turut mengisi pembangunan yang sedang dilakukan harus dikembangkan dan Pemkab Labuhanbatu Utara akan mendukung pembentukan wadah partisipasi anak tersebut, diantaranya adalah Forum Anak.

Demikian antara lain diutarakan Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Nur Rohman SSos pada Penguatan Forum Anak, Kamis.

Terlihat suasana pada acara Penguatan Forum Anak yang diselenggarakan Dinas PPPA Labura di Lapangan Tanah Rendah Jalan Tanjungsari Aekkanopan, Kamis. (Antara Sumut/Sukardi)

 

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tersebut dilangsungkan di Lapangan Tanah Rendah Jalan Tanjungsari Aekkanopan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan anak dapat mengembangkan kreasi partisipatifnya dalam pembangunan,” kata bupati dalam acara yang dihadiri Sekretaris Dinas PPPA Dedi Aksaris Arief MPd, komisioner KPAD Labura Rahmat Effendi Tambunan SE dan Murnilah SH.

Menurut bupati, sebagai generasi penerus dan pewaris bangsa di masa mendatang, keberadaan anak sangat penting dan memerlukan perhatian serius. “Anak-anak berhak mendapat perlindungan dari kekrasan dan diskriminasi,” sebutnya.

Baca juga: Bupati Labura biayai proses pemakaman empat anak tertimbun gorong-gorong

Karena itulah, ia berharap melalui kegiatan tersebut akan semakin banyak terbentiuk wadah-wadah partisipatif anak. Sebab untuk mengetahui apa yang diperlukan dan dibutuhkan anak, lebih mudah melalui forum anak karena mereka sebaya sehingga lebih mudah berkomunikasi.

Sebelumnya Ketua Panitia Penguatan Forum Anak Kabupaten Labura Diana Sinaga SKM melaporkan, kegiatan itu antara lain bertujuan mendorong agar anak aktif mengembangkan diri sesuai dengan minat dan potensi mereka.

Sedangkan peserta kegiatan adalah pengurus forum anak dari desa, kecamatan dan kabupaten. Terlihat puluhan anak dari delapan kecamatan yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok hadir dalam acara yang diisi sejumlah narasumber dari Medan.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019