Bocornya pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi di Jalan Sisingamangaraja Medan KM 5.5, Kecamatan Medan Amplas, Medan,  Sumatera Utara, Selasa (16/7) sore, mengakibatkan rumah warga di sekitar terendam air dan lumpur.

Menurut seorang warga yang rumahnya terdampak, Inong, kebocor­an pipa terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Pe­cahnya pipa diiringi suara seperti ledakan yang terdengar cukup keras ke permukiman warga yang terdampak.

"Tadi sempat mati lampu, terus tiba-tiba langsung seperti meledak dan keluar semburan air," katanya saat dijumpai ANTARA.

Baca juga: Pipa air PDAM bocor, Jalan Sisingamangaraja Medan tergenang

Inong menambahkan bahwa aliran tersebut ibarat air bah yang langsung menerobos dan merusak halaman rumahnya. Air yang datang begitu cepat itu juga menggenangi semua bagian rumah Inong hingga ketinggian selutut orang dewasa.

”Seluruh perabotan rumah rusak akibat terjangan dan rendaman air,” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa kejadian tersebut berlangsung sangat cepat. Dari awal terdengarnya suara ledakan hingga air masuk ke rumah, hanya berjarak beberapa menit saja.

Ia mengaku, bocornya pipa PDAM Tirtanadi di kawasan tersebut, sudah sering kali terjadi. "Kalau dengan yang ini, udah tiga kali lah bocor," ungkapnya.

Pantauan di lapangan, hingga saat ini petugas PDAM Tirtanadi cabang Amplas, masih  melakukan perbaikan dan menganalisa penyebab bocornya pipa tersebut.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019