Dukungan dari berbagai pihak terus mengalir terkait pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara dan kali ini datang dari Pemuda Kabupaten Padang Lawas Utara.

Ketua KNPI Kabupaten Padang Lawas Utara Machmud Pratama Harahap, Sabtu, mengatakan sangat mendukung rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara.

Untuk itu ia ia mengajak seluruh komponen kepemudaan khususnya di Kabupaten Paluta untuk menyambut baik dan mendukung rencana pemekaran provinsi Sumteng ini. 

"Kita sangat mendukung pembentukan provinsi Sumteng untuk percepatan pembangunan di daerah kita ini," katanya Sabtu.

Ia mengatakan melihat dari kondisi dan keadaan yang sudah memenuhi persyaratan, pembentukan Provinsi Sumteng dengan wilayah mencakup Kabupaten Paluta, Tapsel, Madina, kota Padang Sidimpuan dan Palas sudah layak direalisasikan secepatanya.

Apalagi sarana dan berbagai kelengkapan yang sangat mendukung seperti saat ini kabupaten Paluta sudah memiliki bandar udara kebanggaan yaitu Bandara Aek Godang sebagai sarana transportasi udara. 

"Untuk sarana transportasi udara, kita sudah punya bandara Aek Godang untuk kelancaran transportasi," ungkapnya.

Sementara Ketua DPD AMPI Kabupaten Padang Lawas Utara, Gusti Putra Hajoran Siregar  mengatakan terkait untuk penetapan daerah sebagai ibukota provinsi, ia tidak terlalu mempermasalahkan. 

Pemerintah bisa saja menetapkannya di daerah kota Padang Sidimpuan yang merupakan salah satu daerah yang cukup maju saat ini di wilayah eks Tabagsel.

Sebab yang paling utama saat ini menurutnya adalah realisasi pembentukan provinsi Sumteng dapat terwujud sebagai langkah untuk percepatan pembangunan yang seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Pembentukan provinsi Sumteng merupakan langkah percepatan pembangunan yang diiringi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk seluruh masyarakat khususnya pemuda Paluta, mari bergandeng tangan untuk mewujudkannya," harapnya. 

Baca juga: Tokoh masyarakat Tabagsel dukung pembentukan Sumteng

Baca juga: Kepala daerah se-Tabagsel dukung pembentukan Sumteng

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019