Tokoh masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) mendukung terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng) dalam upaya percepatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pengurangan angka kemiskinan.

Tokoh Masyarakat Tabagsel Zulkarnaen Nasution di Padangsidimpuan, Jumat, mengatakan, pihaknya snagat mendukung pembentukan Provinsi Sumatera tenggara (Sumteng) karena akan sangat berdampak pada pengurangan angka kemiskinan.

Juga akan mempercepat demokrasi di daerah. Sumber Daya Alam juga sangat cukup baik di Kabupaten Mandailing Natal, Palas, Paluta, Tapsel dan Kota Padangsidimpuan.

"Buang egosentris kepala daerah demi pembentukan Sumteng," teganya.

Terpisah, Ali Sati Nasution tokoh pers Tabagsel juga turut mengomentari bahwa pemekaran itu akan membuka informasi secara luas dan jika pemekaran itu terwujud maka masyarakat akan semakin sejahtera.

Saat ini pemerataan pembangunan ke Tabagsel sangat jauh dari perhatian, belum lagi pembagian APBD Provinsi ke Tabagsel juga sangat minim.

"Pemekaran itu terwujud tidak menutup kemungkinan pemerataan secara keseluruhan dan tidak menjadi beban Provinsi Sumatera Utara," katanya.



 

Pewarta: Khairul Arief Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019