Kepala daerah se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) mendukung dan sepakat bagi terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara dalam upaya percepatan pembangunan di daerah itu.

"Intinya sepakat kepala daerah di Tabagsel mendukung pembentukan Provinsi Sumteng," kata Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, Jumat.

Dukungan tersebut terungkap saat Forum Diskusi Group di Jakarta, Rabu (11/7) malam, membahas persiapan pemekaran daerah otonomi baru Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng).

"Pemda, tokoh masyarakat mendukung, dan komitmen telah dibangun bersama mulai belasan tahun yang lalu, semoga kita harapkan bisa direalisasi pemekaran DOB Sumteng," katanya.

Sementara  pengamat ekonomi H Rusydi Nasution mendukung sepenuhnya pemekaran DOB tersebut demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Tabagsel dan pemerataan ekonomi.

Pemekaran dalam peningkatan DOB baru ini jelas akan berdampak sepenuhnya baik untuk Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, dan Kota Padangsidimpuan dari sektor perekonomian dan kesejahteraan.

"Potensi wilayah kita sangat perlu diperluas jangan lagi kita tergantung oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pemerataan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sangat perlu," katanya.

Terpisah tokoh pemuda Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan yang juga Anggota DPRD Sumatera Utara menegaskan pembentukan Sumteng tinggal menunggu peraturan presiden dan mencabut moratorium.

"Masyarakat Tabagsel harus mendukung, hasil pertemuan belum lama ini dengan Kemendagri nyata memberikan sinyal positif dan tidak ada niat untuk menghalangi pemekaran DOB tersebut, kita tunggu saja hasilnya," katanya.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019