Tim Developmental Evaluation USAID Jalin menerapkan Program Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), guna menurunkan angka kematian bayi dan ibu dalam persalinan di Kabupaten Langkat dengan sasaran Kecamatan Hinai dan Kecamatan Tanjungpura. 

Hal itu disampaikan Ria Wardani selaku Evaluation Specialist USAID Jalin, di Stabat, Selasa.

Ria Wardani menjelaskan maksud dan tujuan program P4K, untuk melakukan serangkaian kegiatan, baik berupa wawancara perorangan (personal interview) maupun Focused Gruop Discusion (FGD), agar pihaknya dapat mengetahui penyebab dominan dari kematian bayi dan ibu saat bersalin.

Sehingga dapat memberikan pencegahan yang tepat. Cara pencegahan itu, akan disampaikan melalui sosialiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Langkat, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Dengan cara ini, pihaknya sangat berharap, angka kematian ibu dan bayi saat bersalin dapat menurun. Dimana sebelumya tim USAID Jalin Sumatera Utara bersama Dinkes Langkat, telah melakukan kegiatan tersebut di Kecamatan Tanjung Pura dan Kecamatan Hinai.

Sekretaris Daerah Langkat Indra Salahuddin berharap P4K yang dilaksanakan oleh USAID Jalin Sumatera Utara, dapat berjalan baik sesuai dengan direncanakan dan diharapkan,sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi masayarat Langkat.

"Berharap dengan program tersebut, angka kematian bayi dan ibu hamil pada persalinan di Kabupaten Langkat dapat menurun," harapnya.

Ia juga berharap kiranya nanti program P4K ini yang begitu cukup baik nantinya dapat diterapkan diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat. 
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019