Kepolisian Resor Labuhanbatu mengimbau kendaran bermotor mengangkut barang atau truk dilarang melintasi lokasi-lokasi rawan kemacetan pada H-3 mudik Lebaran 2019 di Jalan lintas Sumatera kecuali pada malam hari.

"Sudah kami sampaikan pada H-3 truk supaya tidak ada yang melintas kecuali malam hari pada mudik Lebaran 2019," jelas Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Sabtu (1/6) sore di Rantauprapat.

Ia menjelaskan, lokasi trouble spot atau rawan kemacetan di sepanjang Jalinsum Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan yakni Jalinsum Sudirman Aek Kannopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara di kilometer 218-219 Medan-Rantauprapat di lokasi pertokoan Aek Kanopan.

Jalnsum Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan  Kabupaten Labuhanbatu Utara di kilometer 221-222 Medan-Rantauprapat, lokasi perayaan Pesta Rakyat, hari gembira Idul Fitri (Hagaf) di pinggir Jalinsum Jembatan Gunting Saga.

Jalinsum Jenderal Ahmad Yani-SM. Raja Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu di kimometer 287-291 Medan-Aek Nabara lokasi pusat perbelanjaan,

Jalinsum Desa kampung Pajak Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara di kilometer 260-261 lokasi pusat pasar dan jalan lintasan sempit.

Jalinsum HM Said Sigambal Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu di kilometer 295-296 Medan Aek Nabara lokasi Pusat pasar dan jalan lintasan sempit.

Jalinsum Simpang III Ampera Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu di kilometer 307-308 Medan-Kotapinang di lokasi pusat pasar persimpangan tiga.

Jalinsum Sudirman Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan di kilimeter 340-341 Medan-baganbatu di lokasi pusat pertokoan di Kotapinang.

Frido menjelaskan, untuk mengantisipasi kecelakaan dan titik rawan kemacetan Jalinsum pada jalur mudik mendirikan 11 pos pengamanan, 1 pos pelayanan dan 3 pos pantau.

Ttitik rawan kecelakaan yang perlu diwaspadai oleh para pemudik karena pandangan terhalang, tikungan tajam, tidak ada penerangan jalan pada malam hari di sepanjang Jalinsum Kabupaten Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.

Yakni, Jalinsum Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara di kilometer 251-252 Medan-Rantauprapat, karena pandangan terhalang, tikungan tajam, tidak ada penerangan jalan pada malam hari.

Jalinsum desa janji Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu di Kilometer 281-282 Medan-Rantauprapat. Jalinsum Desa Perbaungan Kecamatan Bilah Huku Kabupaten Labuhanbatu di kilometer 309-310 Medan-Rantauprapat.

"Untuk rawan macet diseputaran Kotapinang karena pasar dan pusat pertokoan, dikampung Pajak karena ada pasar tumpah, di Aek Kanopan karna ada pasar. Titik rawan kecelakaan hampir disepanjang Jalinsum karna jalan sempit dan bergelombang," jelas Frido.

Sementara, Kasat Lantas Polres Labuhanbatu AKP Sony Harsono mengimbau para pemudik harus waspada, memtuhi peraturan lalulintas termasuk memeriksa kondisi kendaraannya.

Pihaknya juga menyarankan para pemudik tidak memaksakan melakukan perjalanan apabila dalam kondisi tidak prima. "Jangan terlalu dipaksakan, apabila lelah dalam perjalanan silahkan istiraharat di tempat-tempat yang aman," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019