Bagi masyarakat yang berencana untuk mudik melewati Jalinsum pada Kabupaten Mandailing Natal diimbau untuk mewaspadai sejumlah kerawanan yang mungkin terjadi. 

Sebab pada jalur Jalinsum, jalur ini masih rawan terhadap kemacetan, kecelakaan dan longsor.

Kapolres Madina melalui Kasat Lantas Polres Mandailing Natal, AKP. Herliandri, SH, saat di hubungi ANTARA Jumat (24/5) menyampaikan, daerah-daerah yang tergolong rawan itu berada di jalan Panyabungan - Padang Sidimpuan, jalan Panyabungan Sumbar, jalan Panyabungan Natal dan jalan Panyabungan Batahan.

Baca juga: Tiga titik rawan di jalur Jembatan Merah - Lingga Bayu Madina
Baca juga: Polres Madina siapkan empat pos mudik

Untuk jalan rawan macet ini sendiri pada kabupaten itu terdapat 16 titik yakni pekan Sihepeng, pekan Simangambat  Kecamatan Siabu, pekan Bukit Malintang, pekan Mompang, pekan Panyabungan, Pekan Maga, Pekan Laru, Kotanopan, Muara Sipongi, Bangkelang, Tarlola, Simpang Gambir, Sinunukan dan Pekan Natal.

"Kemacetan ini diakibatkan oleh adanya pedagang kaki lima yang menggelar barang dagangannya di badan jalan, Betor parkir sembarangan dan angkot menaikkan dan menurunkan penumpang disembarang tempat," katanya.

Sedangkan untuk rawan Laka ada di jalan umum KM 11-14 jurusan Panyabungan-padang Sidimpuan di desa Malintang, jalan umum KM 07- 08 jurusan Panyabungan - Kotanopan tepatnya didesa Parbangunan. Jalan umum KM 31- 32 jurusan Panyabungan - Padang Sidimpuan tepatnya desa Simangambat.

"Pada jalan rawan Laka ini disebabkan oleh jalan yang sempit dan tidak adanya penerangan, kurangnya rambu jalan dan juga berada dikawasan pemukiman," ujarnya.

Sementara untuk rawan banjir berada di jalan umum pantai barat jurusan Panyabungan Natal tepatnya di Desa Patiluban Mudik, Desa Belimbing, Kampung Sawah.

Sedangkan untuk jalan longsor terdapat 10 titik yakni jalan lintas barat KM 20-23  jurusan Panyabungan - Natal tepatnya didesa Sitinjak,  KM 40 - 43 Desa Tarlola, KM 75-76 Desa Rantosore,

Jalan  umum KM 10-11 jurusan Kotanopan - Hutapungkut didesa  Tolang,  jalan  Panyabungan - Muarasipongi  di Muaramais dan Desa HutHutadangka

Kemudian jalan umum jurusan Panyabungan - Sumatera Barat Desa Botung dan Desa  Tanjung Alai Kecamatan Muarasipongi.

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019