Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin, mengajak masyarakat kota Medan untuk selalu bersyukur karena masih diberikan kenikmatan iman, kenikmatan islam, kesehatan serta nikmat lainnya.

"Tidak semua umat muslim mampu melaksanakan ibadah puasa tahun ini, karena telah lebih dahulu dipanggil menghadap Sang Pencipta," katanya saat peringatan Nuzulur Quran, di Taman Sri Deli, Medan, Selasa,

Ia menambahkan, bulan Ramadhan adalah bulan tilawah dan tadarus Al-Quran, karena di bulan inilah Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Rasulullah Muhammad Sallalahu Allaihi Wassalam.

"Peristiwa turunnya Al-Quran di malam penuh kemuliaan itulah yang saat ini sedang kita peringati sebagai malam Nuzulul Qur'an," ujarnya.

 Eldin mengatakakan, seluruh umat muslim pasti  mengetahui ayat pertama yang dibawa oleh malaikat Jibril adalah Iqra yang artinya bacalah. Ini menandakan bahwa umat muslim di seluruh dunia harus menjadi manusia yang berpikiran cerdas yang mampu membaca aksara maupun membaca berbagai fenomena  di sekelilingnya.

"Pada ayat pertama ini juga tersirat jelas bahwa pendidikan dalam islam menjadi hal yang sangat diutamakan untuk membangun umat yang kuat," ujarnya.

Eldin mengajak seluruh masyarakat muslim untuk memperbanyak membaca Al-Quran karena sebagai seorang muslim tiada suatu kebahagiaan melainkan jika dapat membaca Al-Quran ayat demi ayat sampai khatam.

"Awali dan akhiri hari kita dengan membaca Al-Quran dan memahami maknanya. Untuk itu marilah kita mengisi ramadhan tahun ini dan selanjutnya dengan tadarus dan menghatamkan Al-Quran serta memahami kandungan suruh-surah yang kita baca, sehingga ramadhan akan jauh lebih berarti," tuturnya.

Selain itu kata Eldin, dalam suasana yang penuh kebahagiaan dan rasa sukur dari Allah SWT, selaku umat muslim hendaknya selalu membiaskan diri untuk  bersilaturahmi, saling menyayangi satu dengan yang lain, saling mengasihi dan saling tolong menolong.

Kegiatan Nuzulul Qur'an ini diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Soleh Mahmud alias Ustadz Solmed.

Hadir pada peringatan Nuzulul Qur'an tersebut Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil DPRD Kota Medan Iswanda, Sekda Kota Medan Wiriya Al-Rahman, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Pemangku Kesultanan Deli Raja Muda Tengku Hamdy Osman Deli Khan, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019