Kodim 0204/DS siap mengamankan Pemilu 2019 dan menjaminnya netralitas personel TNI dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman, nyaman, jujur dan adil.

Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin (Han) di Lubuk Pakam, Deliserdang, Senin (15/4), mengatakan, dalam menghadapi Pemilu 2019 TNI masih memegang asas netralitas.

"Jiwa raga kita untuk NKRI dan kita berkomitmen untuk menjaga berlangsungnya tahapan pemilu secara aman, damai, jujur dan adil," katanya usai menggelar apel pengecekan personel Kodim 0204/DS dalam rangka pengamanan Pemilu 2019.

Ia meminta para Danramil dan Babinsa memedomani undang-undang pemilu dan peraturan pelibatan perbantuan TNI kepada Polri khususnya dalam masa pemilu, sehingga tidak ada kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas.

"Mari sampaikan pesan kepada masyarakat di desa binaan bahwa situasi menjelang pemilu aman dan damai, masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu ragu ragu untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya," katanya.

Dandim juga menegaskan bagi masyarakat untuk melaporkan apabila adanya menemukan kecurangan atau pelanggaran kepada pihak berwenang dalam hal ini Bawaslu.

Sementara itu Ketua Bawaslu Deliserdang M Ali Sitorus mengatakan pihaknya yakin netralitas ASN dan TNI/Polri yang sampai saat ini masih terjaga.

 "Netralitas penyelenggara pemilu itu sendiri, mari sama sama bantu kami dalam melaksanakan pengawasan ini," katanya.

Ia menegaskan bahwa TNI walaupun tugasnya selaku pengamanan secara tidak langsung, tetapi memiliki hak dan kewajiban untuk suksesnya pemilu ini.

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019