Komisi Pemilihan Umum Tapanuli Utara melaksanakan uji coba Sistem Informasi Perhitungan (Situng) perolehan hasil suara sebagai wujud kesiapan penyelenggara menjelang pelaksanaan pemilihan umum, 17 April 2019.

Divisi Teknis Komisioner KPU Taput, Barisman Panggabean mengatakan, pelaksanaan uji coba Situng tersebut dilakukan untuk menguji dan melihat kecepatan pindai dan entri hasil perolehan suara Pemilu 2019.

"Uji coba Situng ini juga kita lakukan untuk menguji kemampuan dan kesanggupan server KPU RI nantinya dalam hal menerima dan menampung C1 KWK yang nantinya akan dikirimkan setiap daerah dalam waktu yang bersamaan," ujar Barisman, di Kantor KPU Taput, Rabu, (20/3).

Dikatakan, proses uji coba tersebut dilakukan dengan bantuan sekitar dua puluh tenaga pendukung operator Situng. 

Dalam pelaksanaan uji coba Situng, kata dia, pihaknya mengambil sebanyak 25 persen sampel suara dari total jumlah tempat pemungutan suara yang akan disiapkan.

Formulir C1 KWK yang disimulasikan diterapkan dengan menggunakan gambar-gambar buah sebagai pengganti gambar partai.

"Dari jumlah total sebanyak 976 TPS yang akan digunakan dalam pemilu, kita mengakomodir sejumlah 252 TPS sebagai sampel. Dimana, jumlah tersebut mewakili desa dan kelurahan yang ada di Taput," sebutnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019