Batubara (Antaranews Sumut) - Sekitar 2500 warga masyarakat Batu Bara yang tergabung dalam ikatan warga Jawa Melayu Batak (JAMBAK) menggelar deklarasi menolak hoaks, di Desa Simodong Sei Suka, Sabtu, (23/2).

Ketua Jambak, Joni Tua Manurung menyebutkan, ada sekitar 2500 lebih warga Batu Bara yang mengikuti deklarasi ini.

"Kami mengaku resah dengan beragam berita hoaks yang penyebarannya santer melalui media sosial dan kami menilai hoaks sangat berbahaya dan dapat memecah belah masyarakat terlebih menjelang Pemilu 2019." ujarnya.

"Kabar bohong ini dapat memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat dan kami yakin akan berimbas pada masyarakat luas,” ungkap ketua Jambak didampingi pengurus Jambak diantaranya Ir Rozali Hasan, Arianto Harianja ST, M. Kamal SH, Sofyan Spd, Taufik Doban, T.Marpaung, Nelson Uppusunggu.

Selain itu dia menegaskan, deklarasi ini  telah sepakat menyerukan menolak hoaks, karena sudah meresahkan, informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan serta rawan memicu konflik diantara warga, deklarasi ini murni inisiatif yang bersama-sama menolak hoaks.

Selain menolak hoaks dalam deklarasi tersebut warga yang tergabung dalam ikatan warga JAMBAK ini juga bertekad mensukseskan Pemilihan Umum serentak pada 17 April 2019.

Kami ingin Pemilu nantinya, tetap adem ayem tanpa ada ujaran kebencian maupun isu SARA yang bergulir.

Kami menginginkan Pemilu damai tidak ingin  ada perpecahan suku, agama,  ras antar golongan, kami cinta NKRI. Kami menolak politik identitas, ujaran kebencian, berita bohong (HOAX) kami mendukung POLRI dalam melakukan penegakan hukum bagi penyebar (HOAX).

Kami meminta bawaslu untuk menindak oknum yang menjadikan tempat ibadah sebagai ajang kampanye.

Di samping itu kami meminta kementrian agama agar membuat aturan pelarangan tampat-tempat ibadah di jadikan tempat kampanye serta kami mendukung dan mengawal kebijakan pemerintah Batu Bara untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur yang sedang dan akan di kerjakan untuk menjadikan Kabupaten Batu Bara ini semakin maju. Tandasnya.

Turut hadir dalam acara itu tokoh masyarakat diantaranya anggota DPD RI, Parlindungan Purba.

Parlindungan Purba mengajak Jambak dan warga Batubara bersama-sama mendukung program pemerintah baik itu pusat  maupun Pemkab Batubara.

Pewarta: Suhaimi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019