Sibolga (Antaranews Sumut)- Jhoni Allen Marbun anggota Komisi V DPR RI mengunjungi  Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (19/2).

Kedatangan Jhoni Allen ke kampus perikanan Sibolga itu untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa STP Sibolga. Dalam kuliah umumnya, Jhoni Allen memberikan materi pembangunan ekonomi berbasis sumber daya manusia.

Ia mengatakan  seorang mahasiswa wajib memiliki visi dan meningkatkan keahliannya, dengan demikian, ia akan berguna bagi orang lain, dan bergua pula untuk bangsa dan negaranya.

"Motivasi-motivasi itu lah yang saya sampaikan kepada mahasiswa agar mereka memiliki semangat dan nilai optiminis dalam meraih cita-citanya,"ujar Jhoni Allen Marbun ketika dikonfirmasi ANTARA usai menyampaikan kuliah umum di Kampus STP Sibolga, Jalan SM Raja Sibolga, Sumatera Utara.

Anak guru dari desa ini pun mengakui banyak menerima keluhan dari mahasiswa STP terkait kurangnya perhatian dari pemerintah setempat akan keberadaan kampus mereka. Untuk itulah Ia berjanji akan membantu memperjuangkan apa yang diharapkan oleh kampus swasta itu.

"Sesuai dengan amanat Undang-undang, bahwa pendidikan itu adalah tanggungjawab pemerintah yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Seharusnya pemerintah daerah tidak boleh diam akan kondisi tersebut. Kalau tidak memiliki dana dari APBD bisa mengusulkan ke Provinsi bahkan ke pemerintah pusat sekalipun. Karena untuk itulah pemerintah diberikan hak untuk bertanggungjawab terhadap pendidikan masyarakatnya," tegas Allen.

Sebagai anggota DPR-RI, Jhoni Allen siap mendampingi pemerintah daerah untuk mengusulkan pembangunan di daerahnya masing-masing. Termasuk di wilayah Sibolga-Tapanuli Tengah.

“Saya juga agak heran kenapa Pemkab Tapteng dan Kota Sibolga tidak ada permintaan untuk pembangunan rumah-rumah khusus bagi nelayan di Sibolga-Tapteng. Padahal ada anggota DPR RI dari Dapil ini di Senayan,”ujarnya.

Iapun berjanji siap mendampingi jika ada usulan dari pemerintah daerah terkait pembangunan di Sibolga dan Tapanuli Tengah untuk dikoordinasikan di Pemerintah Pusat.

Sementara itu Ketua STP Sibolga, Lucien Pahala Sitanggang mengucapkan terima kasih atas kunjungan Jhoni Allen untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa STP Sibolga.

“Kehadiran Pak Jhoni Allen bukan secara kebetulan, tetapi sebuah perencanaan, dan ada rekomendasi dari tokoh pendidikan yang memilih STP Sibolga untuk dikunjungi oleh Anggota DPR RI, untuk dilakukan cek and balance di bidang pendidikan,” ucap Lucien.

Pada kesempatan itu, Lucien berharap kepada Jhoni Allen selaku Anggota DPR RI untuk menjembatani aspirasi mereka kepada pemerintah pusat.

“Kami menitipkan permohonan kami agar STP Sibolga tetap diperhatikan. Jadi, tadi Pak Jhoni Allen bilang, agar STP Sibolga menyampaikan permohonan langsung kepada DPR Komisi 10 yang membidangi pendidikan agar nanti dibantu untuk memfasilitasi kebutuhan STP Sibolga dihari mendatang,” ungkapnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019