Medan (Antaranews Sumut) - Sebanyak 29 uskup se-Indonesia bersama Duta Besar Tahta Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo akan menghadiri penahbisan Uskup Agung Medan yang baru, Minsinyor (Mgr) Kornelius Sipayung OFMCap yang akan diselenggarakan di Medan, pada 1-3 Februari 2019.

Pastor Kornelius Sipayung terpilih menggantikan Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap yang mengajukan pengunduran diri ke Tahta Suci Vatikan berhubung karena usia yang sudah melampaui batas uskup pensiun yakni 75 tahun. 

Sekretaris Umum Panitia Tahbisan Uskup Agung Medan, RP Selestinus Manalu, OFMCap kepada pers di Medan, Senin (28/1/2019) mengatakan umat Katolik di Sumatera Utara kini memiliki pemimpin baru. Paus Fransiskus menunjuk Pastor Kornelius Sipayung OFMCap menjadi Uskup Agung Medan secara resmi dalam rilis pada Sabtu (8/12/2018) di Vatikan.

Keuskupan Agung Medan mencatatkan sejarah baru dalam perjalanannya. Tahbisan uskup terakhir kali terjadi di wilayah Keuskupan Agung Medan adalah pada 25 Juni 1975 dimana Mgr AG Pius Batubara ditahbiskan menjadi uskup.

"Untuk tahun ini lebih istimewa karena Mgr Kornelius Sipayung adalah Uskup Agung Medan yang sejak penunjukan sudah diangkat menjadi Uskup Agung Medan terpilih," katanya.

Uskup Agung Medan yang baru Mgr Kornelius Sipayung OFMCap sebelumnya menjabat sebagai Minister Provinsial Ordo Kapusin Provinsi Medan yang lahir di Bandar Hinalang, 26 Agustus 1970.

Rangkaian acara pentahbisan dimulai dimulai dengan ibadat sore meriah di Gereja Katedral Medan pada Jumat (1/2/2019) dan dilanjutkan Sabtu (2/2/2019) perayaan Ekaristi Pentahbisan Uskup merupakan puncak dari perayaan pentahbisan Uskup Agung yang baru di gedung Serbaguna Pemprovsu serta penyerahan tongkat kegembelaan keuskupan kepada uskup baru, Minggu (3/2/2019) di gereja Katedral Medan. 

"Kegiatan tahbisan ini nantinya akan dihadiri 14 ribu umat beriman dari berbagai lapisan dan bahwa Uskup Agung bukan hanya untuk gereja Katolik tetapi juga untuk masyarakat di sekitarnya," kata RP Selestinus Manalu, OFMCap. 

Dengan pentahbisan ini nantinya uskup baru akan secara resmi menjabat sebagai Uskup Agung Medan sambil menunggu hari pengalihan tongkat kegembalaan dari Uskup Agung sebelumnya.

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019