Medan (Antaranews Sumut) - Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara hingga Oktober 2018 berhasil mendapatkan 9.064 investor baru di pasar modal.
     
"Capaian 9.064 investor baru itu sekitar 103 persen dari target selama 2018 sebanyak 8.800 investor," ujar Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumut, M Pintor Nasution di Medan, Senin.
    
Menurut dia, dengan bertambahnya 9.064 investor, maka total investor pasar modal di Sumut per Oktober 2018 ada 37.000 investor.
   
Pintor belum bisa menyebutkan berapa perolehan investor hingga Desember 2018 karena masih dalam perhitungan. "Data lengkap investor baru baru bisa diinformasikan paling cepat 5 Januari 2019," katanya.
     
Adapun target perolehan investor di 2019 juga masih belum bisa diinformasikan karena baru pada awal tahun ada rapat koordinasi di BEI. "Diyakini target investor BEI Sumut dinaikkan dari target 2018 yang 8.800," ujarnya.
   
Menurut Pintor, BEI Sumut sudah membuat berbagai program untuk bisa menarik investor baru padai 2019, mulai dengan cara menyasar beberapa kota/kabupaten di Sumut yang investornya masih sangat kecil dengan bantuan para Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Galeri Investasi BEI yang ada di berbagai kampus.
    
"Di KSPM ada mahasiswa yang berasal dari daerah dan mereka diharapkan mengedukasi orang-orang di daerahnya dimulai dari keluarganya sendiri," ujarnya.
      
Cara lainnya adalah memanfaatkan komunitas investor yang ada di Kota Medan untuk melakukan edukasi bersama menjaring investor baru, termasuk memanfaatkan cabang-cabang emiten yang ada di Medan untuk mengedukasi karyawan yang belum punya rekening saham.
    
"BEI juga bekerja sama dengan berbagai organisasi seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia dan lainnya untuk mengedukasi para 'owner' agar menjadi investor bahkan kalu bisa 'Go Public'," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018