Batubara (Antaranews Sumut) - Bupati Batubara H.RM Hary Nugroho SE , mengatakan pengelolaan dana desa harus transparan dan melibatkan masyarakat serta seluruh perangkat terkait yang ada di desa, sehingga tidak menimbulkan saling tuding antara masyarakat dan pemerintah desa.

Hal itu disampaikan  di Lima Puluh, (Jumat 14/12).

Ini penting untuk dilakukan dalam rangka pengelolaan dana desa. Semua harus terlibat mengawasi, apapun itu, harus dirundingkan bersama sehingga tidak menimbulkan disharmonisasi yang menimbulkan ketidak nyamanan.

Pemanfaatan dan penggunaan dana ditingkat desa harus transparansi, efektif dan akuntabel.

Ia mengatakan semua pihak harus lebih mempertegas, pengunaan Dana Desa itu harus dilakukan secara padat karya tidak dengan sistem tender  pihak ketiga, sehingga penggunaan dana desa mulai dari proses perencanaan dapat berjalan dengan baik.

Saat ini pemeriksaan sudah intens melakukan monitoring dan evaluasi terhadap apa saja yang dilakukan bukan hanya penggunaan Dana Desa, tetapi dampak dan fungsional dari kegiatan atau proyek yang dilakukan di Desa untuk memastikan manfaat untuk masyarakat.

Dalam rangka memperbaiki pengelolaan keuangan kita perlu berhati-hati dan baiknya seluruh bendahara Desa perlu di tingkatkan kapasiti ilmu tentang pengelolaan keuangan, supaya mereka tidak terjebak pada kondisi yang tidak memahami seluk-beluk proses penggunaan APBDes.

"Kepada koordinator pendamping untuk selalu memberikan petunjuk kepada kepala Desa untuk membangun pemerintahan yang lebih baik," katanya.
 

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018