Lubukpakam (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus berusaha meningkatkan pembinaan dan pendampingan terhadap Kampung Keluarga Berencana, sehingga dengan demikian program pengendalian penduduk dan keluarga sehat dapat semakin tercapai.
     
Bupati Deliserdang Ashari Tambunan Tambunan di Lubukpakam, Rabu (12/12), mengatakan, pihaknya mengingatkan kepada seluruh  pimpinan organisasi perangkat daerah jajaran Pemkab Deliserdang untuk terus melakukan pendampingan, pembinaan dan  intervensi di seluruh Kampung KB yang sudah terbentuk.
     
Diantaranya dengan melakukan pensinergian program di dinas masing-masing dalam upaya mensukseskan program pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) khususnya di Kampung KB yang sudah ada di daerah itu.

"Itu penting menjadi perhatian kita semua, karena dengan saling mendukung semua program akan dapat berhasil termasuk program kesehatan keluarga," katanya pada rapat kelompok kerja KB Kencana.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan apresiasi kepada perwakilan BKKBN Sumut yang memberikan perhatian besar selama ini, sehingga program KKBPK di Deliserdang terus berkesinambungan.

"Seperti perkembangan program Kampung KB di daerah ini yang pada saatnya nanti kita harapkan masyarakat akan merasakan manfaatnya," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Tema Zaro Zega mengatakan Kabupaten Deliserdang telah mendapat pengakuan dari pusat atas tingginya komitmen pemerintah daerah setempat dalam upaya mendorong keberhasilan program kependudukan dan pembangunan keluarga di daerah itu.

Termasuk pembinaan terhadap Kampung KB yang ditandai dengan diterimanya tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan  dari Presiden pada bulan Juli 2018 yang lalu kepada Bupati Deliserdang.  

"Keberhasilan itu tentu harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kedepan menjadi contoh bagi daerah lainnya," katanya.

Ia juga menjelaskan program pembentukan Kampung KB di pedesaan didasari beberapa hal diantaranya dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program KKBPK dan dalam upaya mewujudkan Keluarga kecil berkualitas.  

Melalui program itu nantinya diharapkan tercapai delapan fungsi keluarga dalam kehidupan bermasyarakat yakni fungsi keluarga, cinta dan kasih sayang, sosial budaya, perlindungan, kesehatan dan reproduksi, lingkungan, ekonomi dan fungsi sosial pendidikan.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018