Siborongborong (Antaranews Sumut) - Sebanyak 311 unit rumah subsidi pemerintah akan dibangun PT Triseta Buana Karsa di atas lahan seluas 5,2 hektare di jalan Bahal Batu Desa Paniaran Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.

Anwar Silaen, Direktur Utama PT Triseta Buana Karsa mengatakan, pembangunan 311 unit rumah yang disubsidi pemerintah sebesar Rp.4 juta per unit diperuntukkan bagi petani, buruh, pedagang, ASN, dan TNI Polri.

"311 unit rumah subsidi segera dibangun. Ini merupakan bagian dari program pembangunan sejuta rumah oleh Presiden Jokowidodo," ujar Anwar di tengah agenda peletakan batu pertama pembangunan perumahan Griya Palm Paniaran, Sabtu.

Disebutkan, unit rumah berukuran 6x6 meter dibangun dengan tipe 'couple' yang berdiri di atas lahan 9x12 meter. Kompleks perumahan juga akan dilengkapi dengan pembangunan 24 unit rumah toko.

"Satu unit rumah seharga Rp.130 juta dapat dikredit dengan uang muka senilai Rp.6,5 juta dengan angsuran Rp.800 ribu per bulan selama 20 tahun," terangnya.

Agenda peletakan batu pertama pembangunan perumahan yang dihadiri Bupati Taput Nikson Nababan bersama jajaran uspida lainnya, memunculkan sejumlah harapan baru demi peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Prospek keberadaan perumahan ini sangatlah tinggi. Mari berinvestasi. Keberadaan perumahan ini, nantinya akan menciptakan pertumbuhan usaha jasa dan peningkatan perekonomian masyarakat," sebut Nikson.

Menurutnya, pembangunan perumahan subsidi tersebut merupakan kali kedua setelah pembangunan Perumnas Silakkitang pada era 90-an.

"Siborongborong merupakan wilayah yang paling aman dari dampak goncangan gempa berdasarkan kejadian tahun 1987. Jadi, ini lokasi aman gempa," jelasnya.

Dikatakan, ke depan, keberadaan perumahan juga akan mendapatkan dampak positif dari rencana pembangunan universitas negeri yang sedang dalam tahap kajian pemerintah pusat.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018