Medan  (Antaranews Sumut) - Manarjemen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara menyiapkan sekitar 41 unit trafo "mobile" untuk menjaga pasokan listrik di Natal dan Tahun Baru 2019 di daerah itu.
      
"Selain trafo 'mobile' atau bergerak itu,  PLN menyiapkan banyak hal lagi untuk menghindari pemadaman listrik di Natal dan Tahun Baru," ujar Manager Komunikasi PT PLN UIW Sumut, Rudi Artono di Medan, Jumat.
     
 Rudi melalui Asisten Manager Komunikasi, Reagen Simarmata mengatakan itu pada pembukaan Rapat Evaluasi Kelompok Kerja Wartawan Listrik (Korwalis) Sumut.
      
Menurut dia, cara lainnya adalah dengan menyiapkan "Uninterruptible Power Supply" (UPS) dan penyiagakan tim pekerja dalam keadaan bertegangan (PDKB).
‌   
Reagen menjelaskan, trafo mobile yang 41 unit itu masing -masing di Medan sebanyak 13 unit, Binjai (4), Lubuk Pakam , Deliserdang (7 unit) Pematang Siantar (5),  Rantau Prapat (4), Padang Sidimpuan (3),  Sibolga (3 ) dan Nias 2 unit dengan kapasitas 450 KVA.
     
Adapun penyiapan UPS ebanyak 2 unit berkapasitas 70 KVA untuk di Medan,  Binjai 6 unit/200 KVA dan Pematang Siantar 3 unit/270 KVA.
     
Selain itu, disiagakan tim pekerja dalam keadaan bertegangan (PDKB) seperti di Medan sebanyak 18 personil, Binjai 13 , Lubuk Pakam 8 dan Pematang Siantar 10 orang.
     
"PLN Sumut mengupayakan kehandalan listrik menghadapi Natal dan Tahun Baru," ujarnya.
       
Dia menegaskan, gerakan bersih penyulang seperti memangkas pohon agar tidak mengganggu distribusi listrik juga sudah dilakukan.
    
Perbaikan infrastruktur listrik, terutama di daerah "zero down" juga dilakukan.***3****

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018