Nias Selatan (Antaranews Sumut) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara saat ini terus bekerja membantu warga yang terjebak banjir menuju ke daerah tujuan karena terhalang jalan yang terendam banjir.
     
"Kita saat ini sedang bekerja membantu warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet," kata Kepala Pelaksana BPBD Nias Selatan, Tandrambowo Lase yang dihubungi dari Gunungsitoli, Jumat.
   
Ia mengatakan, warga yang kebanyakan terjebak banjir terjadi di kilometer tiga, Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan. 
   
Karena tidak bisa melewati jalan yang terendam air, evakuasi dilakukan oleh BPBD Nias Selatan dengan menggunakan perahu karet. 
   
"Kita bantu menyeberangkan masyarakat dan lebih mengutamakan mahasiswa yang mau ke kampus untuk mengikuti ujian saat ini," katanya.
     
Banjir yang merendam jalan dan rumah warga terjadi akibat hujan deras yang turun terus menerus di Nias Selatan. 
     
Sebelumnya warga Nias Selatan Kadar Dachi mengungkapkan, air menggenangi jalan dan rumah warga akibat hujan yang terus menerus terjadi dalam beberapa hari terakhir.
   
Sementara parit atau drainase di lokasi tersebut tidak bisa menampung atau mengalirkan air sehingga menyebabkan air naik dan menggenangii jalan dan rumah warga.
     
Dia berharap Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan pemangku kepentingan lainnya mencari solusi dan menjadikan masalah tersebut skala prioritas dalam perencanaan pembangunan. 
     
Karena menurut dia daerah kilometer tiga dan sepanjang jalan diponegoro,  Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan menjadi langganan banjir jika hujan turun terus menerus.


 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018