Tapteng (Antaranews Sumut)- Sebanyak 500 orang pelamar CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengikuti simulasi ujian CPNS tahun 2018 yang diselenggarakan oleh BKN Regional VI Medan Sumatera Utara, Sabtu di SMAN 1 Matauli Pandan.

Terlaksananya simulasi ini berkat perjuangan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani yang megusulkan ke BKN supaya dilaksanakan simulasi dengan tujuan  pelamar bisa mengetaui serta mengenal sistim ujian yang akan dilksanakan nanti.

“Ini sebagai bentuk perhatian dan perjuangan dari pak Bupati Tapteng agar pelamar CPNS khususnya warga Tapteng memiliki kesempatan mengasa kemampuan serta mengenal sistem CAT yang akan digunakan saat ujian nanti,”kata Darwin Sitompul Wakil Bupati Tapteng yang membuka aca simulasi.

“Walaupun pada dasarnya simulasi ini dikhususnya untuk masyarakat pelamar dari Tapteng, namun berkat laporan dari BKD Tapteng ada juga dari luar Tapanuli Tengah yang ikut simulasi. Kami berharap dan berdoa agar yang lulus dalam ujian nanti 90 persen masyarakat Tapanuli Tengah. Ini bukan diskriminasi tapi harapan, karena kami yakin bahwa putra putri tebaik Tapteng ini mampu untuk bersaing,”sebut Darwin yang disambut tepuk tangan para peserta simulasi.

Kepala Regional VI BKN Sumut yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Tapteng yang telah berjuang agar dapat dilaksanakan simulasi.

“Ini perhatian yang cukup luar biasa, apalagi simulasi ini gratis. Karena ada daerah lain yang melaksanakan simulasi tetapi dikomersilkan dengan membayar pendaftaran Rp 300 ribu per orang. Sementara simulasi yang dilakukan Pemkab Tapteng gratis. Bersyukurlah atas kebijakan dan perjuangan dari Bupati Tapeng,”kata English Nainggolan.

Disebutkannya, ujian penerimaan CPNS ini menggunakan sistem  Computer Assisted Test (CAT) sesua pedoman Permen PAN no 36 tahun 2018. Dengan adanya simulasi seperti ini sangat membantu pelamar untuk mengenal sistim CAT ini.

“Ini merupakan gambaran soal ujian yang akan dilaksanakan nanti. Walaupun tidak persis sama, tetapi seperti itulah bayangannya dan sistim menjawabnya. Makanya bersyukurlah anda bisa menjadi peserta simulasi ini karena mendapat kesempatan untuk mengenal dan mengetahui sistim yang digunakan,”ujar English.

Sementara itu Kepala BKD Tapteng Netty Sembiring dalam laporannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Kepala Regional VI BKN Medan Sumut yang turun langsung memantau kegiatan simulasi.

“Jumlah yang mengikuti simulasi ini dibatasi hanya 500 orang, dan dilaksanakan selama satu hari,”katanya.

Pemkab Tapanuli Tengah diberikan kepercayaan oleh BKN untuk menerima formasi CPNS tahun ini sebanyak 259 orang. Dan jumlah pelamar saat sampai hari ini sebanyak 2.559 orang.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018