Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Sebanyak 3000 jiwa warga Kota Tanjungbalai menerima kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (JKN-KIS PBI) yang ditampung APBD Tahun Anggaran 2018.

Kartu JKN-KIS PBI ini diserahkan secara symbolis oleh Wali Kota Tanjungbalai H Muhammad Syahrial kepada warga penerima manfaat di Aula-I Balai Kota Tanjungbalai, Rabu.

Wali Kota mengatakan, Pemkot Tanjungbalai berupaya untuk memenuhi kebutuhan akan jaminan kesehatan setiap warga daerah itu, terutama dari kalangan masyarakat kurang mampu.

Untuk memenuhi hal tersebut dan mencapai Universal Health Coverage (UHC) yang telah dicanangkan, pada 2018 Pemkot mengalokasikan jumlah Penerima Bantuan Iuran sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungbalai sebanyak 3000 Jiwa.

"Ini merupakan komitmen dalam mendukung nawacita Preden RI bidang kesehatan dan akan terus ditingkatkan dengan tujuan agar masyarakat Tanjungbalai benar-benar terbantu serta menjadi lebih sehat," ujarnya.

Wali Kota melanjutkan, pemerintah daerah telah mengeluarkan Dana sebesar Rp11,40 miliar setiap tahun untuk alokasi JKN-KIS PBI kepada masyarakat dan tahun 2018 ini meningkat menjadi Rp11,868 Miliar.

"Jika kemampuan keuangan daerah memungkinkan, kedepannya penerima bantuan iuran jaminan kesehatan ini akan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jaminan kesehatan," ungkap Syahrial.***4*** (KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018