Tapteng (Antaranews Sumut)- Puskesmas Pandan terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan itu dibarengi dengan manajemen puskesmas agar dapat meraih penilaian akreditasi dari Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Kepala Puskesmas Pandan, dr Rikky Nasution, M.Kes, saat ini Puskesmas yang dipimpinya sedang melengkapi persyaratan serta berkas penilaian peningkatan akreditasi, mengingat Puskesmas Pandan baru kali ini masuk penilaian akreditasi.

“Kami sedang bekerja keras saat ini dan mohon doanya agar Puskesmas kita ini bisa nanti mendapat akreditasi Madya. Dengan demikian maka pelayanan dan fasilitas Puskesmas ini pasti semakin meningkat,”katanya Rabu pagi.

Menurutnya, tim  survey dari Provinsi akan turun minggu ini melakukan penilaian. Ada beberapa hal yang dinilai, seperti fisik bangunan, standart operasional pelayanan, kondisi ruangan, manajemen puskesmas, rekam medik dan penilaian lainnya.

“Penilaian akreditasi Puskesmas ini ada beberapa jenjang, yaitu tahap dasar, utama, madya dan paripurna. Untuk Provinsi Sumatera Utara belum ada yang meraih akdreditasi Paripurna. Target kita Puskesmas Pandan dapat meraih akreditasi Madya nantinya,”harapnya.
Diakui dr Rikky, kendala yang sering dikeluhkan para pasien adalah minimnya trasportasi menuju Puskesmas Pandan, terpaksa pasien mengeluarkan biaya yang lumayan besar naik becak.

“Karena tidak ada angkot yang melintas ke daerah ini, sehingga pasien terpaksa naik becak dengan ongkos yang lumayan besar tergantung jaraknya. Untuk itulah para pasien sering meminta agar angkot bisa melintas ke arah Puskesmas Pandan ini agar mereka tidak berat diongkos,”terangnya.

Untuk saat ini Puskesmas Pandan masih melayani rawat inap jalan, namun sudah dilengkapi beberapa poli seperti, Poli Umum, Poli Kesehatan Ibu dan Anak, Poli Gigi, Laboratorium, dan persalinan 24 jam. Dengan kapasitas 8 ruangan, para tim medis menerapkan pelayanan yang maksimal kepada para pasiennya.

“Saya sudah empat tahun menjdi Kapus di sini, kiranya dalam penilaian nanti Puskesmas kita ini dapat meraih hasil Akreditasi Madya, agar peningkatan layanan semakin baik di tempat ini. Dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman medis dan seluruh pegawai Puskesmas Pandan yang telah bekerja keras untuk meraih cita-cita kita,”tandasnya.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018