Sumut (Antaranews Sumut)- Kontingen Pesparawi dari Provinsi Sumatera Utara berhasil menyabet 9 medali emas dan 3 medali perak dalam perhelatan empat tahunan Pesparawi Nasional yang dipusatkan di Pontianak Kalimantan Barat sejak tanggal 30 Juli-4 Agustus 2018.

Adapun ke 9 medali yang berhasil diraih Kontingen Pesparawi Sumut diantaranya, Kategori Paduan Suacara Dewasa Campuran (PSDC) dari Kabupaten Tapanuli Tengah, Solo Anak Usia 10-13 tahun dari Kota Medan, Solo Remaja Putra dari Kota Medan, Solo Remaja Putri dari Kabupaten Tapanuli Tengah, Vocal Group dari Kota Medan, Paduan Suara Pria dari Medan.

Paduan Suara Wanita dari Kota Medan, Paduan Suara Remaja dari Kota Medan dan Paduan Suara Anak dari Kabupaten Dairi. Sedangkan untuk Medali Perak adalah Kategori Musik Etnik dari Kabupaten Nias Utara, Solo Anak Usia 7-9 tahun dari Kota Sibolga, dan Musik Pop Gereja dari Kabupaten Asahan.

Ketua Pemberangkatan Kontingen Sumut, Jadi Pane, SPd yang dikonfirmasi ANTARA melalui ponselnya Senin siang mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan Kontingen Provinsi Sumatera Utara yang mampu meraih 9 medali emas dan 3 medali perak. Menurutnya perolehan kali ini adalah yang terbanyak dalam ajang Pesparawi Nasional.

“Ini berkat doa dan dukungan masyarakat Sumut dan juga Pemprovsu serta Kanwil Kemenag Sumut serta stake holder yang sudah bersusah payah berjuang untuk keberangkatan tim dari Provinsi Sumaera Utara. Memang sejak awal kita sudah memiliki target menjadi Juara Umum.

Hanya saja target itu belum tercapai karena Papua Baratlah yang menjadi Juara Umum. Pun demikian keberhasilan Sumut menyabet 9 medali emas dan 3 medali perak, adalah prestasi yang sangat luar biasa dimana nama Provinsi Sumatera Utara bergema di tingkat Nasional yang pesertanya semua Provinsi yang ada di Indonesia,”ujarnya.

Untuk itulah Jadi berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara lebih besar lagi demi terselenggaranya kegiatan kerohanian di Sumatera Utara yang bertujuan positif dan mampu meraih prestasi. Keberhasilan itu harus terus dibina demi melahirkan bibit-biti regenerasi berikutnya.

“Kita berharap Pesparawi empat tahun mendatang sudah kita persiapkan mulai dari sekarang, sehingga cita-cita kita menjadi Juara Umum dapat diraih. Dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota melalui LPPD nya masing-masing sangat berpengaruh untuk pengkaderan itu. Demikian juga dukungan dari aras gereja-gereja dan tokoh-tokoh Kristen yang ada di Sumatera Utara menjadi point penting demi kesuksesan kaderisasi Pesparawi berikutnya,”harap Jadi.

Senior GMKI ini juga menyampaikan bahwa seluruh kontigen dari Provinsi Sumatera Utara sudah tiba di Medan dan sebahagian sudah tiba di daerah masing-masing. Ia mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik sejak berangkat sampai pulang kembali ke Sumut dalam keadaan baik dan mampu menjaga nama baik Sumut sesuai dengan pesan dari Pj Gubernur Sumut saat memberangkatkan Kontingen ke Kalimantan Barat.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018