Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengelar konsolidasi kader partai untuk pemenangan pemilihan umum atau Pemilu Presiden dan legislatif tahun 2019.

Kegiatan yang di hadiri, 30 daftar calon sementara legislatif DPC PKB Kabupaten Labuhanbatu itu juga dalam upaya mendorong pendulangan suara di daerah.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB, Marwan Dasopang di Rantauprapat, Jumat, menyampaikan, akan mengoptimalkan mesin politiknya yang menitik beratkan kepada perjuangan kader partai.

Pihaknya membangun konsolidasi partai yang berbasis daerah pemilihan atau Dapil, setelah memenuhi syarat (MS) legislatif dengan membentuk koordinator Dapil untuk mempermudah pada pertarungan Pemilu 2019.

"Seluruh koordinator Dapil ini akan melaporkan ke DPC kesulitannya apa," katanya.

Untuk mengoptimalkan suara masing-masing calon legislatif di wilayah yang di sepakati dengan cara konsolidasi dan menggunakan kuota hare dan sainte lague (murni) atau sisa suara terbesar dan penentuan metode konversi suara pemilih menjadi kursi.

Ia menggambarkan, metode ini di yakini dapat memetakan suara untuk mendapatkan 2 kursi yang masing-masing mendapatkan 1000 suara penentu dalam tiap Dapil berdasarkankan kinerja kader partai.

"Kalau dengan 1000 suara kita dapat menambah 1 kursi dengan cara itu, mari kita push, saya percaya ada diantara 5 Dapil di Labuhanbatu itu 2 kursi DPRD bisa kita peroleh," ujar Marwan Dasopang yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini.

PKB juga menargetkan perolehan kursi parlemen DPR RI tahun 2019 sebanyak 100 kursi di Senayan.

Kembali kepada catatan hasil survey mulai bulan Desember 2017 hingga bulan Juli 2018, ujar Marwan, PKB adalah partai yang lolos berdasarkan hasil ketentuan 4 persen yang berlaku bersama, PDI-Perjuangan, Gerindra dan Golkar.

Berdasarkan metode sainte lague (murni) tahun 2014, partai besutan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ini memperoleh 100 kursi parlemen. Namun, terlepas 6 kursi di karenakan terbagi dengan partai berbasis Islam lainnya.

Sementara suara PKB pada pileg yang lalu bertambah 2 kursi parlemen. "Ketua Umum berharap kita memperoleh 100 kursi parlemen," kata anggota DPR-RI Fraksi PKB ini.

Penentuan kursi parlemen itu, ujar Marwan Dasopang, untuk kemenangan dalam Pemilu Presiden dan legislatif.

"Perdebatan awal terjadi saat Cak Imin mau kita usung sebagai Capres atau Cawapres. Saya bersikeras Capres. Usai pertemuan saya di pangil Cak Imin, selanjutnya kita panggil pengamat dan di gulirkanlah Cak Imin sebagai Cawapres," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018