Nias (Antaranews Sumut) -Sebanyak 46 kepala desa hasil pilkades serentak yamg digelar bulan lalu  di Kabupaten Nias, Sumatera Utara dilantik dan selanjutnya diharapkan dapat menjalankan berbagai program pembangunan masyarakat desa.

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,di Gunungsitoli, Rabu, mengatakan, pihaknya sangat berharap  kepala desa yamg baru dilantik tersebut  dapat menjaga kepercayaan dan amanah masyarakat.

Bekerja dengan tulus, ikhlas dan sepenuh hati dalam memimpin dan melayani masyarakat serta menjalankan semua program berbasis masyarakat.

"Penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan daerah," katanya.

Karena kepala desa salah satu unsur penyelenggara pemerintahan desa yang menjadi ujung tombak dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. 

Maka kepala desa harus memiliki dan mengedepankan kreativitas, inovasi dan sinergisitas dalam menjabarkan visi dan misi demi mempermudah pencapaian tujuan dari pemerintahan desa. 

Bisa menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks,dan penuh dengan dinamika politik.

Menerima kritik dan saran dari masyarakat, dan mampu menempatkan diri dan bekerjasama dengan semua pihak.

Menumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam pemerintahan desa dan pembangunan, serta bisa memberi pelayanan prima.

Kepala desa yang dilantik oleh Bupati Nias adalah kepala desa dari Kecamatan Gido sebanyak delapan desa. 

Yakni kepala desa Sirete, Lahemo, Lasara Idanoi, Akhelauwe, Loloana,a Gido, Umbu, Soewe dan Lasela. 

Kepala desa dari Kecamatan Somolo molo yakni kepala desa Somolo Molo dan Sisobawini I, dari Kecamatan Ma'u yakni kepala desa Dekha, Sisarahili Ma'u dan Tuhemberua. 

Sedangkan untuk Kecamatan Sogae'adu yang dilantik adalah Kepala Desa Lauri, Sihare'o Sogae'adu, Hilibadalu, Sogae'adu dan Tulumbaho. 

Kepala desa yang dilantik di Kecamatan Hiliduho adalah kepala desa Lasara Tanese'o, Hiligodu Tanese'o,  Onozitoli Dulu dan Dima.

Untuk Kecamatan Botomuzoi yang dilantik adalah Kepala Desa Hiligodu Bot, Simanaere Bot dan Fulolo Bot, Kecamatan Hiliserangkai adalah Kepala Desa Fulolo Lalai. 

Kecamatan Idano Gawo yang dilantik adalah kepala desa Hilina, a Tafuo,  Hilionozega,  Maliwa'a, Oladano, Saiwahili Hiliadulo, Tetegeona"ai, Hiliadulo,  dan Hilimoasio II. 

Kecamatan Ulugawo yang dilantik adalah Kepala Desa Hilimbowo, Holi dan Sifaoroasi Ulugawo. 

Kecamatan Bawalato yang dilantik adalah kepala desa Dahana, Gazamanu,  Hilialawa, Siofaewali, siofamabnua,  sohoya, Hilifaosi, Tagaulendan Botohaenga. ***4***

 

Pewarta: Irwanto

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018