Kotapinang (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan memiliki puluhan perpustakaan desa dalam mengintensifkan program literasi di daerah.

"Sebanyak 39 desa sudah memiliki perpustakaan desa," kata Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Kholil Jufri Harahap di Kotapinang, Selasa.

Hal itu di sampaikan Wakil Bupati dalam Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional oleh Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di aula kantor bupati.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah akan menambahkan 15 unit perpustakaan lagi untuk disebarkan secara merata di 54 desa/kelurahan.

Pihaknya juga mengintensifkan minat literasi pelajar melalui program pendidikan perpustakaan di setiap sekolah.

Menurutnya, dengan demikian dapat meningkatkan kesadaran masyakat dalam upaya kemampuan membaca dan menulis melalui bahan-bahan buku yang bermanfaat.

"Saya minta Kadis Perpustakaan untuk melengkapi perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan yang ada," tegas Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Kholil Jufri Harahap.

Dalam kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan juga melakukan kesepakatan dengan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tentang pengembangan dan pembinaan sastra Indonesia dan daerah mencakup piagam kerjasamanya.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018