Langkat, (Antaranews Sumut) - Puluhan kilometer jalan Provinsi Sumatera Utara menuju kawasan wisata Tangkahan Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat, mengalami kerusakan parah, penuh dengan lubang di badan jalan dann kondisi ini sangat memprihatinkan.
     
"Ini sangat memprihatinkan, apalagi kawasan jalan tersebut menuju objek wisata Tangkahan, yang sudah sangat terkenal ke mancanegara," kata salah seorang warga Lutfhi Lubis, di Batang Serangan, Senin.
     
Padahal jalan provinsi menuju kawasan wisata Tangkahan merupakan jalan satu-satunya ke sana, dan kondisinya benar-benar sangat memprihatinkan, katanya.
     
Dirinya sangat mengharapkan perhatian agar jalan tersebut segera diperbaiki, agar transportasi masyarakat menuju kawasan wisata Tangkahan dapat lancar dann ekonomi warga juga bisa meningkat guna menopang hidup mereka.
     
Lutfhi menjelaskan kawasan wisata Tangkahan sangat terkenal dengan air terjunnya, maupun hutan serta margasatwa yang ada di dalamnya karena dikelilingi oleh Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).
   
 "Banyak turis asing maupun domestik yang setiap minggunya berkunjung ke kawasan tersebut, namun dengan kondisi jalan yang sangat memprihatinkan membuat masyarakat enggan menuju kawasan itu," ungkapnya.
     
Sugiyanto warga Batang Serangan lainnya menjelaskan ada memang jalan tersebut diperbaiki, namun karena tonase truk yang mengangkut galian C, truk angkutan buah kepala sawit, melintas di badan jalan yang melebihi tonasenya dann kekuatan badann jalan kini rusak parah.
     
"Kondisi jalan benar-benar memprihatinkan, selain berlubang, penuh dengan debu, sehingga harus ekstra hati-hati bila melintas, apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini dimusim penghujan," katanya.
     

Sugiyanto mengungkapkan sudah banyak masyarakat yang menjadi korban akibat melintas dijalan tersebut, ada yang luka parah.
     
Untuk itulah diharapkan agar secepatnya pemerintah Sumatera Utara dibawah kepemimpinan Gubernur terpilih Edy Rahmayadi-Musa Rejakshah memperbaiki jalan menuju kawasan wisata Tangkahan tersebut, pintanya.
     

Tidak hanya di kawasan Batang Serangan, di Kecamatan Padang Tualang dan Sawit Seberang, jalan jalan kabupaten juga mengalami kerusakan dan perlu perbaikan segera.
     "Harus ada upaya untuk segera memperbaiki infrastruktur jalan agar semakin baik da warga benar-benar tertolong dan bisa cepat bila menuju Kota Stabat," ungkap Sugiyanto.***4***
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018