Sunggal, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, menggelar Dekranasda Fair dalam upaya lebih mengenalkan berbagai produk unggulan hasil pertanian, perkebunan dan industri kecil daerah itu kepada masyarakat luas.

Plt Bupati Deliserdang Zainuddin Mars di Sunggal, Selasa, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya pembangunan disektor industri, khususnya industri kerajinan yang merupakan salah satu sektor pembangunan yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah.

Untuk itu ia berharap penyelenggaraan Dekranas Fair yang dipusatkan di Lapangan Bola Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya dalap upaya pengembangan promosi dan pemasaran hasil produk-produk andalan seperti hasil usaha pengusaha kecil, menengah dan koperasi.

Ia juga menyampaikan harapan Dekranasda Fair tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan membuka peluang kepada masyarakat sekitar untuk turut serta berperan aktif mempromosikan produk unggulan dari desa.

Dengan harapan industri kreatif dan produk makanan lokal menjadi produk yang diminati masyarakat dan menjadi produk unggulan untuk meningkatkan produk ekspor seperti batik mangrove dari Percut Seituan dan Kripik Muhdi yang telah diekspor ke Korea.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Deliserdang, Faisal Arif Nasution, mengatakan Dekranasda Fair itu menjual hasil pertanian, perkebunan, industri mikro, industri kecil dan industry rumah tangga.

Serta memperkenalkan produk-produk makanan, minuman dan produk lain yang berkaitan dengan bulan Ramadhan dengan harga yang terjangkau.

"Juga digelar berbagai kegiatan seperti lomba pelajar religius, lomba baca puisi, lomba hafalan ayat ayat pendek tingkat PAUD dan SD, busana muslim tingkat PAUD, SD dan SMP, serta lomba membuat sarang ketupat," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018