Deliserdang,  (Antaranews Sumut) - Jajaran di Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, melakukan ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-110.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 ini juga dirangkaikan dengan berziarah serta menabur bunga di makam pahlawan yang berada di Kota Lubuk Pakam," kata Plt Bupati Deliserdang, Zainuddin Mars, usai peringatan Hari kebangkitan Nasional yang dipusatkan di Lapangan Alun-alun Pemkab Deliserdang, Senin.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa semangat Kebangkitan Nasional harus terus terpatri karena dengan semangat dan komitmen yang kuat serta tekad yang satu dalam cita-cita yang sama kemerdekaan bang, sudah cukup menjaid modal untuk perjuangan mencapai kemerdekaan.

Bersatu, adalah kata kunci ketika ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia, namun tantangan yang mahakuat menghadang di depan.

Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial, akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan?.

Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain, meski belum sepenuhnya sempurna.

Rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan.

Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

"Kita saat disuguhi hasutan-hasutan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut.Semangat Peringatan hari kebangkitan Nasional harus menjadi penyemangat pemersatu bansga ini terus sampai kapanpun," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018