Tanjungbalai,  (Antaranews Sumut) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kualo Kota Tanjungbalai berkomitmen memenuhi kebutuhan air bersih bagi konsumen untuk menjamin kepuasan pelanggan setiap sambungan rumah.
          Plt Direktur PDAM Tirta Kualo Yudhi Gobel di Tanjungbalai, Kamis menjelaskan, produksi air bersih yang dihasilkan dari Water Tretmen Plan (WTP) sebanyak 345 liter per detik. Jumlah itu tidak sebanding dengan jumlah pelanggan mencapai 23.000 sambungan rumah sehingga sistim buka tutup gate pipa pendistrian terpaksa dilakuan.
          "Kami berkomitmen menjamin kepuasan dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelanggan, untuk itu setiap hari dan secara berkala sistim buka tutup dilakukan pada gate zona pendistribusian air," ujarnya.
          Walau pun petugas pipa transmisi bahkan dirinya harus bekerja ekstra, kata Yudhi, namun cara itu (buka-tutup) sangat efektif dalam mengatasi banyaknya keluhan pelanggan yang selama ini protes karena pendistribusian air tidak lancar.
          Menurut dia, kualitas air juga mengalami peningkatan atau lebih baik dari sebelumnya. Hal ini karena bahan kimia untuk pengolahan air baku menjadi air bersih terus dikontrol dan diperhatikab oleh petugas bersangkutan.
          "Artinya, sebelum air benar-benar bersih dan layak konsumsi, petugas di WTP tidak akan mendistribusikan air ke pipa transmisi menuju rumah-rumah pelanggan," katanya.
          Yudi juga mengakui, saat ini pihaknya terus melakukan pembenahan ditubuh Badan Usaha Milik Daerah itu, termasuk upaya melunasi hutang perusahaan kepada pihak terkait, salah satunya hutang retrebusi sampah yang mencapai ratusan juta rupiah.
          Pembenahan lainnya meningkatkan kerjasa sama dengan pihak Kejaksaan Negeri Tanjungbalai melalui nota kesepahaman (MoU) bidang keperdataan yang berkaitan dengan tagihan ke pelanggan yang menunggak rekening air.
          Demikian juga kerja sama dengan lembaga keuangan yakni PT.Bank Sumut dan PT.POS Indonesia, dengan tujuan memberi kemudahan bagi pelanggan dalam hal pelunasan rekening air yang wajib dibayar setiap bulannya.
          "Melalui kerjasama ini  diharapkan pelanggan bisa tepat waktu melunasi rekening karena disetiap kantor cabang mau pun pembantu cabang Bank Sumut dan Kantor POS transaksi pembayaran air bisa dilakukan," ungkap Yudhi Gobel.***4***(KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018