Tarutung (Antaranews Sumut) - Kirab obor dari Danau Tondano di Sulawesi Utara menuju Samosir, kawasan Danau Toba Sumatera Utara yang merupakan tuan rumah pembukaan paskah, tiba di Tarutung Tapanuli Utara setelah sebelumnya telah melalui wilayah Tapanuli Selatan.

"Sekitar pukul 09.00 wib, kita melakukan penjemputan kirab obor dari Simajambu Simangumban, daerah perbatasan Taput dengan Tapsel," ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat setdakab Taput, Ramses Silaban, Sabtu.

Kirab obor paskah nasional pun tiba di halaman kantor Bupati Taput sekitar pukul 13.00 yang disambut oleh pelaksana Bupati Mauliate Simorangkir didampingi sejumlah pimpinan OPD dan tokoh lintas agama.

Baca juga: Pemkab Tapsel sambut-lepas kirab obor Paskah Nasional

"Kiranya api yang menyala ini, menyala dalam kehidupan bangsa dan negara khususnya masyarakat Tapanuli Utara dalam kehidupan peradaban kita yang makin sempurna," sebut Mauliate.

Disebutkan, obor paskah akan diarak keliling kota Tarutung sekitar pukul 18.30, dan akan disemayamkan sementara di kantor bupati sebelum diantar menuju perbatasan Taput-Humbanghasundutan sekitar pukul 06.30 wib, esok pagi.

Paskah nasional 2018 mengambil tema 'Karya Terbesar' yang dikutip dari firman yang tertuang dalam Alkitab, yakni kitab Yohanes 3: 16.

Kirab Obor paskah nasional berlansung selama 40 hari dari Kawasan Danau Tondano di Sulawesi Utara menuju Danau Toba Sumatera Utara dengan melewati 26 kota, dari Pulau Sulawesi, Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, serta puncak kegiatan di Danau Toba yang rencananya diselenggarakan dari tanggal 25-28 April 2018.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018