Seirampah, (Antaranews Sumut) - Kementerian Kesehatan membangun membangun ratusan puskesma di wilayah perbatasan, sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang selama ini masih jauh dari jangkauan unit layanan kesehatan.

Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Andi Saguni di Seirampah, Jumat, mengatakan, pada tahun 2017 ada strategi untuk membangun pelayanan dan akses kesehatan yang lebih baik lagi sehingga tepat langsung kepada masyarakat.

Strategi tersebut yakni melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi untuk menbangun 123 Puskesmas di wilayah perbatasan salah dan satunya bertempat di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagaiyang merupakan salah satu puskesmas terbaik di Indonesia.

"Hal tersebut akan semakin baik dengan terus dilakukan pengawasan dan pemanfaatnnya untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai bentuk desa prima

Ia mengatakan, karena puskesmas di Tanjung beringin tersebut terpilih sebagai puskesmas terbaik, Kemenkes dalam waktu dekat akan memberikan bantuan lagi sebagai wujud kerjasama dan koordinasi yang baik antara Kemenkes dengan Pemkab Serdang Bedagai.

Baca juga: Melek huruf Serdang Bedagai capai 98,88 persen
Untuk itu ia meminta kepada Bupati Serdang Bedagai dan jajarannya, agar dapat memanfaatkan puskesmas tersebut dengan sebaik mungkin dan menciptakan pelayanan yang bermutu sekaligus berkualitas serta penyediaan SDM yang mumpuni serta anggaran yang mendukung pula.

"Itu akan menjadi tolok ukur terhadap pelayanan kesehatan Pemerintah Indonesia hingga tidak kalah dari pelayanan kesehatan negara lain," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018