Medan, (Antaranews Sumut) - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dinobatkan sebagai Bapak Peduli Bencana saat meresmikan gedung baru kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Medan-Binjai Km 10,3, Jumat.

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menyebutkan penobatan Bapak Peduli Bencana didasari oleh beberapa faktor dan indikator sejumlah peningkatan pelayanan dan penanganan kebencanaan tingkat provinsi.

Baca juga: Tengku Erry bagi-bagi sepeda motor di Nias
Faktor tersebut diantaranya mengalokasikan anggaran pembangunan kantor, menjalin kerjasama dengan Basarnas yang kemudian menyediakan helikopter yang siaga untuk penanganan kebencanaan, membentuk BPBD yang kini ada di 33 kabupaten/kota, penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung di huntara maupun huntap sehingga tidak ada lagi yang berada di tenda pengungsian.

“Atas kepedulian Bapak Gubernur (Tengku Erry Nuradi), kini sudah ada kerjasama dengan Politeknik Negeri Medan (Polmed) membuka jurusan Kebencanaan, sekaligus memberikan beasiswa bagi kabupaten/kota yang mau mengirimkan mahasiswa, karena ini memang langka,” sebut Riadil.

Baca juga: Tengku Erry Sampaikan Pesan Jokowi

Riadil juga menjelaskan, ada tujuh gedung yang diresmikan Gubernur yang ditandai dengan penandatanganan prasasti untuk Gedung Kantor BPBD Sumut, Media Center dan Posko, Basecamp Satgas TRC, Klinik Kesehatan, Musala Al Muawaffiqin, Hanggar Kendaraan serta Gudang Logistik.

“Dari gedung utama, kita juga ada fasilitas Command Center (Pusat Komando) untuk memantau sekaligus pusat komunikasi kepada BPBD di kabupaten/kota dan ke pusat. Kita juga akan menempatkan CCTV di beberapa titik yang rawan bencana. Sehingga ketika terjadi bencana, kita dapat laporan cepat melalui sambungan ini (video call),” jelasnya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018