Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Direktorat jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekositem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ir Wiratno M.Sc hadir di tengah acara syukuran Kecamatan Marancar sebagai juara satu kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara 2017.

Selain Dirjen KSDAE hadir juga di acara yang berlangsung di losd Poken Arba, Marancar Godang, Kecamatan Marancar, Jumat, ini Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu, Ketua Komite II DPD-RI Parlindungan Purba. 

Tampak juga hadir Bupati /Wakil Bupati Tapanuli Tengah Bachtiar Ahmad Sibarani-Darwin Simbolon, PLTA Batangtoru (NSHE), Tambang Emas Batangtoru, PTPN III Batangtoru, BKSDA Provsu, IPB, USU, CII, NGO Lingkungan, PKK Tapsel, ratusan tokoh masyarakat serta pejabat jajaran Pemkab Tapsel. 

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu dalam sambutannya mengungkapkan menurut tim panitia ada empat indikator penilaian Marancar berhasil menjadi juara satu kecamatan terbaik tingkat Provsu 2017 tersebut. 

Penilaian pertama, terkait kehidupan UMKM yang sangat baik di daerah itu. Kedua, dukungan penuh masyarakatnya. Ketiga, partisipasi masyarakat yang cukup tinggi. Keempat, kearifan lokal yang terjaga. 

"Partispasi masyarakat dan dukungan masyarakat yang tinggi dalam mendukung program pembangunan pemerintah di daerah ini merupakan dua point penting mengapa Marancar bisa juara,"terang Syahrul. 

Menurut Bupati lebih kurang Rp20 milyar nilai sumbangsing yang sudah diberikan masyarakat Marancar kepada pemerintah dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di daerah itu. 

Sumbangsih yang diberikan warga seperti contoh pembebasan lahan untuk pelebaran ruas-ruas jalan/lahan perkantoran pemerintahan desa dan lainnya di daerah itu."Ini terwujud berkat koordinasi antara Pemkab Tapsel dengan Camat serta masyarakat Marancar," tutur Syahrul

Tingginya perhatian/partisipasi/ kearifan lokal masyarakat sesuai yang dipaparkan Bupati Syahrul, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu mengaku kagum dan menyatakan akan memprogramkan program UMKM untuk peningkatan perekonomian masyarakat Marancar.

Salah satu tokoh masyarakat Marancar Panusunan Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tapanuli Selatan/Camat beserta Marancar beserta masyarakatnya yang telah mendukung penuh sehingga Marancar berhasil juara satu kecamatan terbaik kabupaten di Provinsi Sumut. 

"Mudah-mudahan predikat juara ini akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Marancar kedepan," ucap Panusunan Pasaribu yang juga Ketua Wali Amanat USU tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen KSDAE Wiratno, Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR- RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua Komite II DPD- RI Parlindungan Purba, Bupati Tapteng Bachtiar Ahmad Sibarani, Wabup Tapteng Darwin Sitompul, Ketua Majelis Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu, Ketua TP PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu SH, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Dekan Fakultas Kehutanan USU, OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat se-Tapsel juga manortor bersama. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018