Medan  (Antaranews Sumut) - Senam jantung sehat akan terus disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat di Kota Medan.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat akan mengetahui lebih jauh apa manfaat yang diperoleh dari mengikuti senam jantung sehat," kata Wali Kota Medan, HT Dzulmi Eldin, usai mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu.

Walaupun pelaksanaannya tidak sampai satu jam, namun menurut dia, manfaat senam jantung sehat sangat baik untuk kesehatan jantung.

"Tidak hanya untuk kesehatan jantung, tubuh juga akan terasa lebih sehat sehingga seluruh masyarakat dapat melaksanakan aktivitas sehari- hari dengan baik," kata Eldin.

Ia mengatakan, senam jantung sehat merupakan kegiatan rutin Pemkot Medan bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Utara.

Dengan kerja sama tersebut, masyarakat dapat mengikuti senam jantung sehat setiap Minggu pagi mulai pukul 06.00 WIB di Lapangan Merdeka.

Agar gerakan tidak salah dan tepat sasaran, sejumlah instruktur terlatih juga diturunkan setiap kali senam jantung sehat digelar.

"Dengan demikian masyarakat dapat mengikuti setiap gerakan senam jantung sehat dengan benar," ucapnya.

Eldin menyebutkan, sebelumnya pelaksanaan senam jantung sehat berlangsung cukup meriah. Seribuan warga remaja, dewasa dan orang tua dengan penuh semangat mengikuti senam jantung sehat.Dengan diiringi musik dan dipandu sejumlah isntruktur, mereka pun mengikuti setiap gerakan yan bertujuan untuk menjaga kesehatan jantung tersebut.

Selain masyarakat, senam jantung sehat juga diikuti sejumlah pimpinan Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Medan, camat, lurah serta kepala lingkungan (Kepling).Mereka selanjutnya berbaur dengan masyarakat mengikuti senam jantung sehat sampai berakhir.

Sedangkan sebagian lagi, melanjutkan olahraga lainnya seperti jalan santai maupun jogging.Di samping itu, ada juga warga menggunakan sejumlah peralatan olahraga yang disediakan Pemkot Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan di pinggir lapangan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Wali Kota tak pernah bosan mengajak warga untuk rutin berolahraga.Dengan gemar berolahraga, optimistis warga Kota Medan akan jauh lebih sehat dan bugar sehingga semakin produktif.

"Di samping rutin berolahraga, jangan lupa terapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,? kata Wali kota Medan.***3***

(T.M034/B/Y008/Y008) 11-02-2018 23:16:35

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018