Medan, 9/2 (Antaranews Sumut) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap dan memprediksi panen raya padi di Januari hingga April 2018 tidak mengalami gangguan sehingga hasilnya lebih baik dari periode sama 2017.

" Pada tahun 2017, luas panen padi Sumut di kwartal I atau Januari -April mencapai 341.433 hektare dan periode sama tahun 2018 diharapkan bisa lebih luas," ujar Kepala Dinas Provinsi Sumut M Azhar Harahap di Medan, Jumat.

Harapan lebih luasnya areal panen padi di tahun 2018 melihat cuaca saat penanaman September, Oktober serta November dan bahkan Desember 2017 lumayan bagus.

Dia menyebutkan, data resmi hasil produksi dari kabupaten/kota baru akan ada di.minggu ketiga Februari.

Tetapi, laporan sementara panen raya yang mulai terjadi sejak Januari di Sumut dan berlangsung hingga Maret cukup baik.

Panen cukup bagus khususnya di sentra -sentra produksi utama Sumut seperti Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Mandailing Natal, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara.

Azhar menegaskan, berdasarkan laporan sementara, cuaca ekstrem belum berpengaruh besar pada hasil panen petani di Sumut.

Tidak adanya gangguan diduga karena cuaca ekstrem terjadi saat sudah memasuki masa panen.

Pemprov Sumut, kata dia memang sangat berharap tidak terjadi gangguan panen karena menargetkan ada penambahan produksi padi di 2018.

Produksi padi Sumut di 2018 sebanyak sebanyak 5,95 juta ton dari sasaran di 2017 yang sebanyak 5,20 juta ton. ***3***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018