Tarutung (Antaranews Sumut) - Ketua Komisi Pemilihan Umum kabupaten Tapanuli Utara, Rudolf Sirait mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan yang telah digelar untuk tiga pasangan bakal calon kepala daerah akan diumumkan pada Kamis, 18 Januari 2016.

"Pengumuman hasil pemeriksaan terhadap ketiga pasangan akan diumumkan hari Kamis," terang Rudolf, Selasa.

Dikatakan, saat ini hasil pemeriksaan yang tertuang dalam selembar kertas telah diterima pihaknya dari tim pemeriksa kesehatan di lantai III aula Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan.

"Hasilnya akan diumumkan dihadapan tiga pasangan sekira pukul 10.00 wib besok lusa," sebutnya.

Menurut Rudolf, hasil pemeriksaan yang ditetapkan oleh tim pemeriksa dituangkan dalam bunyi keputusan 'memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat'.

Kata dia, berdasarkan aturan yang ditetapkan, pemeriksaan atas setiap pasangan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, psikologi, dan pemeriksaan untuk mengetahui bebas tidaknya setiap pasangan dari ketergantungan narkotika dan obat terlarang.

"Andaikata hasilnya tidak memenuhi syarat, maka secara otomatis pasangan tersebut akan digugurkan. Sebab, hasil pemeriksaan kesehatan merupakan tahapan wajib dalam sebelum penetapan bakal calon menjadi calon," jelasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018