Medan, 9/11 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara menyiapkan "Forum Warga Pemilih" di berbagai kabupaten/kota untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan gubernur tahun 2018.



Kepada Antara di Medan, Kamis, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Benget Manahan Silitonga mengatakan, pihaknya berkienginan kuat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur 2018.



Apalagi partisipasi pemilih dalam pemilihan gubernur tahun 2013 relatif rendah yakni sekitar 48 persen.

Salah satu program prioritas untuk meningkatkan partisipasi memilih itu adalah membentuk Forum Warga Pemilih sebagai wadah untuk berdialog langsung denganw arga tanpa perantara.



Melalui forum tersebut, warga dapat mendengarkan langsung informasi mengenai pemilihan gubernur, manfaat pengunaan hak suara, serta berdialog mengenai berbagai masalah kepemiluan dengan penyelenggara yang turun ke lapangan.




Forum dialog tersebut akan dibentuk dan digelar di berbagai desa/kelurahan yang partisipasi memilihnya selama ini dinilai rendah.




Karena itu, pihaknya meminta komisioner di kabupaten/kota untuk mendata dan memetakan basis-basis TPS yang rendah partisipasinya dalam pemilihan.




"Kita akan turun berdialog langsung tanpa perantara. Jadi, kita bisa tahu kenapa mereka kurang tertarik menggunakan hak pilih," katanya.




Ketika dipertanyakan mengenai jumlah lokasi, dialog langsung melalui Forum Warga Pemilih tersebut akan disesuaikan dengan kesiapan anggaran sosialisasi.




"Kalau anggarannya cukup, mungkin akan banyak dilakukan," ujar Benget.




Selain memaksimalkan forum dialog, KPU juga akan menggelar sosialisasi mengenai pemilihan gubernur Sumut melalui berbagai ormas di Sumut.




Demikian juga dengan kalangan media massa yang diharapkan dapat terus memberitakan informasi mengenai pemilihan gubernur dan memberikan edukasi politik kepada masyarakat.




"Pemberitaannya bukan hanya berita KPU, tetapi juga informasi di lapangan yang dapat menjadi masukan bagi KPU," katanya. ***2***




Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017