Rantauprapat, 28/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama kelompok kelompok tani masyarakat rukun warga hutan Bandar Kumbul, melakukan kesepakatan kerjasama pembangunan Bumi Perkemahan (Bumper) dan tempat pengolahan akhir (TPA) sampah.

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Jumat di ruang data dan karya kantor bupati mengatakan, pembangunan Bumper Pramuka program prioritas karena bersamaan dengan kegiatan besar Pertisaka yakni Perkemahan Bakti Pramuka Saka Wira Kartika Se-Kodam I Bukit Barisan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Labuhanbatu pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Dia memaparkan, gerakan Pramuka sebagai sebuah institusi yang membina generasi muda yang langsung bersentuhan dengan alam, sehingga membutuhkan lokasi pembinaan yang memadai sebagai tempat latihan, tempat pekemahan dan tempat pendidikan teknik kepramukaan.

Demikian pula dengan pembangunan TPA merupakan kebutuhan sangat mendesak, mengingat TPA di Perlayuan dengan luasan yang sangat minim, sehingga membutuhkan lokasi yang lebih luas untuk dijadikan tempat pemerosessan sampah dengan menggunakan teknologi di lokasi yang baru.

Pangonal menjelaskan, penandatanganan kesepakatan ini merupakan langkah awal untuk memulai pembangunan bagi generasi muda dan kebersihan lingkungan didaerah, selanjutnya sedapat mungkin dimulai pada APBD 2018.

"Atas pelaksanaan acara ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas terkait," katanya.

Menurut Pangonal, lokasi yang strategis untuk dijadikan sebagai Bumi Perkemahan Pramuka saat ini sulit untuk ditemukan, mengingat semakin berkembangnya lokasi pemukiman warga sehingga penetapan lokasi pembangunan bumi perkemahan pramuka di wilayah  kerja hutan masyarakat desa Bandar Kumbul, begitu juga dengan lokasi pembangunan TPA.

Pewarta: Kurnia

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017