Kotapinang, 24/10 (antarasumut) - Angin kencang disertai hujan deras  merusak 12 rumah warga di Desa Hajoran, Kecamatan Sungaikanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Senin malam.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah warga menyebutkan, petistiwa itu terjadi menjelang masuknya waktu salat Magrib, sekitar pukul 18:20 WIB.

Angin kencang disertai hujan deras berlangsung selama lebih kurang 25 menit dan menghantam rumah-rumah warga di desa itu.

Akibat peristiwa itu, 11 bangunan rumah dan satu rumah ibadah mengalami kerusakan, yakni 1 unit di Dusun Aman Makmur, 4 unit di Dusun Rantau Jihor, 2 unit di Dusun Suka Dame, 4 unit di Dusun Hajoran 1, dan 1 unit di Dusun Hajoran Jae. 

Kondisi terparah dialami Ita warga Dusun Aman Makmur, Darwis warga Dusun Rantau Jihor, dan Oppung Tukko warga Dusun Suka Dame, rumah mereka hancur total akibat terpaan angin.

"Ada 12 bangunan rusak dihantam angin, satu merupakan rumah ibadah. Dari 12 itu, tiga unit hancur total. Kejadiannya berlangsung sekira 25 menit," kata Kepala Desa Hajoran, Kaya Siregar kepada wartawan, Selasa.

Camat Sungaikanan, Reza Pahlevi yang dikonfirmasi mengatakan, sebagai langkah tanggap darurat, malam itu juga aparat kecamatan dan desa, kepolisian dan TNI, tim BPBD Pemkab Labusel, serta Satpol PP-Linmas bersama warga bergotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak. 

Menurutnya, kini sebagian besar warga yang menjadi korban sudah kembali ke rumah masing-masing. 

"Hanya dua yang terpaksa mengungsi ke rumah tetangga yang tidak terkena musibah. Mengenai bantuan, kini masih dilakukan pendataan dan akan dimohonkan kepada instansi terkait," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017