Pandan, 15/10 (Antarasumut)- Kecamatan Pandan keluar sebagai juara umum Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2017. 

Terpilihnya kecematan Pandan sebagai juara umum, berdasarkan banyak peserta dari kecamatan Pandan yang menjadi juara pada pelaksanaan final Pesparawi Tapteng yang dilangsungkan di Pandan, Jumat, (13/10).

Menurut Ketua Umum Pesparawi Tapteng, Antonius Simanjuntak didampingi Koordinator Pertandingan Tirzah Manalu kepada wartawan, Minggu pagi di Pandan menjelaskan, Kecamatan Pandan berhak menyandang sebagai juara umum 

Pesparawi tahun ini dan piala bergilir dari bupati Tapteng sudah diserahkan yang diterima Camat Pandan. Tahun depan piala tersebut akan diperlombakan kembali, katanya.

Adapun para pemenang dari masing-masing kategori yang dipertandingkan saat acara final Pesparawi Tapteng 2017 lanjunya, untuk kategori Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) Juara I diraih Kontingen dari Kecamatan Pinangsori, Juara II dari Kontigen Kecamatan Badiri, Juara III  Kotigen Gereja Katolik st.Yoseph Pandan, Harapan I Kontigen dari Kecamatan Tukka, Harapan II, Kotigen HKBP Aek Tolong Pinangsori, Harapan III Kontigen HKBP Pandan

Untuk kategori Vocal Solo Remaja Putra, Juara I atas diraih Hery Junianto Saputra dari Kecamatan Pinangsori, Juara II, Hasudungan Sinaga (Barus Utara), Juara III Joel Kurniawan Tarihoran (Barus), Juara Harapan I, Irwan Arianto Sarumpaet (Andam Dewi), Harapan II Joksan Aritonang (Pinangsori), Harapan III, Beslindo Matondang (Pinangsori).
Untuk kategori Vocal Solo Rejama Putri, Juara I Destriwati Limbong dari Kecamatan Pandan, Juara II Feliza Olgaria Hutabarat (Kolang), Juara III Nurani Loralia Hutauruk (Pandan), Juara Harapan I Masdelita Bondar (Pasaribu Tobing), Juara Harapan II Larasti G Marbun (Barus Utara), Juara Harapan III Masta Hutabarat (Badiri).
Sedangkan untuk kategori Vocal Solo Anak, Juara I Wirsandra Situmorang dari Kecamatan Pandan, Juara II Clarisa Silalahi (Pandan), Juara III Rizky Tulus H. Limbong (Pandan), Juara Harapan I Flora Windi Pasaribu (Pasaribu Tobing), Juara Harapan II Melanie Putri Marbun (Barus Utara), Juara Harapan III Silfani Hulu (Lumut)
Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan piala bergilir dari Bupati, ditambah dengan hadiah tambahan berupa sepeda motor untuk juara I vocal solo remaja dari Bupati Tapteng yang diraih oleh Destriwati Limbong, dan sepeda motor sumbangan Wakil Bupati kepada tim paduan suara yang diraih Kontigen Paduan Suara dari Kecamatan Pinangsori.
Sementara itu Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Tapteng Jannes Maharaja menambahkan, untuk Juara I kategori Vocal Solo Remaja Putra dan Remaja Putri serta juara I Vocal Solo Anak, akan menjadi perwakilan Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mengikuti Pesparwi Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Medan tahun ini. Sedangkan untuk tim paduan suara yang menjadi perwakilan Tapteng ke Provinsi sudah disiapkan melalui audisi dengan nama Tim LPPD Pesparawi Tapteng, ujarnya.
Dalam sambutannya Bupati Bakhtiar Sibarani menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan Pesparawi Tapteng sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan talenta umat Kristiani yang ada di Tapteng.
“Sebagai bentuk dukungan Pemkab Tapteng atas kegiatan Pesparawi, maka anggaran Pesparawi Tapteng untuk tahun 2018 kita tambah dari Rp600juta menjadi Rp700 juta. Demikian juga nanti dengan hadiah tambahan akan kita tambah juga. Marilah kita jalin terus kerjasama yang baik, dan kerukukan umat beragama di Tapanuli Tengah ini,”harapnya.
Turut hadir dalam cara penutupan Pesparawi ini, Ketua TP PKK Tapteng, Ny Bakhtiar Sibarani, Wakil Ketua TPP Tapteng Ny. Darwin Sitompul, Ketua LPPD Tapteng Jannes Maharaja, Ketua LPPD Sibolga, Dandim, Kapolsek Pandan, Danramil Pandan, Muspida, SKPD serta para undangan.


Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017