Sipirok,4/10(Antarasumut)-Persatuan Wartawan Indoensia (PWI) Tabagsel berkerjasama dengan Pemkab Tapsel siap menggelar Uji Kopetensi Wartawan (UKW).

Kabag Humas dan Protokol Tapanuli Selatan, Isnut Siregar,  dalam penjelasannya di Kantor Bupati Tapsel, Dano Situmba, Sipirok, Selasa mengatakan seluruh persiapan untuk pelaksanaan sudah rampung.

Adapun tempat dan tanggal pelaksanaan UKW itu sendiri pada hari Jumat dan Sabtu Tanggal 6-7 Oktober 2017 di Aula Hotel Mega Permata Padangsidimpuan.
 
"Hasil kordinasi dengan PWI dan Dewan Pers kuota peserta untuk UKW angkatan XII Tahun 2017 ini berjumlah 21 orang dari berbagai perusahaan media di Sumatera Utara,"katanya.

" Seluruh 21 nama peserta UKW itu sudah kita terima dari dewan pers,"jelasnya lagi.

Menurut dia, Pemkab Tapanuli selatan dibawah kepemimpinan Bupati Syahrul M.Pasaribu cukup respon terhadap program dewan pers dan PWI dalam meningkatkan profesionalisme wartawan melalui Uji Kopetensi Wartawan (UKW).

" Kita menilai UKW ini sangat urgen dalam mendukung program utama dewan pers dan PWI, "katanya.

Bupati Syahrul M.Pasaribu juga lebih jauh berharap, kata Isnut, UKW ini dapat menciptakan wartawan yang produktif, profesional, beretika, integritas dan berwawasan sehingga mampu mengambil peranan dalam mewujudkan masyarakat Tapsel yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera.

Sesuai jadwal, pembukan acara UKW nantinya dibuka langsung Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara dan Dewan Pers.

Terpisah, Ketua PWI Tabagsel Hairul Iman Hasibuan M.IKom mengungkapkan, apresiasi tinggi terhadap Pemkab Tapsel atas kerjasamanya menggelar UKW.

" Ini (PWI Tabagsel) kali kedua menjadi tuan rumah UKW, sebelumnya kita bekerjasama dengan Tambang Martabe, kali ini dengan Pemkab Tapsel,"terangnya.

Menurutnya, UKW merupakan agenda penting dewan pers dan PWI dalam menghempang menjamurnya wartawan 'abal-abal' serta upaya mengembalikan wartawan kepada khittahnya.

" UKW ini merupakan salah satu upaya dewan pers dalam memberantas wartawan abal-abal yang semakin meresahkan dan menodai kesucian tugas jurnalis, "terangnya.

PWI katanya, merupakan satu dari empat wadah masing-masing AJI, IJTI dan LPDS yang diberikan kewenangan menggelar UKW.

" Amanah itu ditanggapai PWI Tabagsel dengan dua kali menjadi tuan rumah UKW dan kedepan akan terus berupaya menggelarnya sebagai bentuk dukungan dalam memberantas keberadaan wartawan abal-abal serta mendukung akselerasi pembangunan Tapsel. Juga  Pers Sehat, rakyat dan pemerintah sejahtera, "pungkasnya.

Hairul Iman lanjut berharap semakin banyak wartawan di Tabagsel yang lolos UKW, pemberitaan dimedia cetak maupun elektronik dapat lebih sehat dan mendidik.

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017