Medan, 17/9 (Antara) - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi MS Simbolon berharap agar pemerintah daerah di Sumut bisa  mencari solusi mengatasi kemiskinan khususnya menciptakan lapangan pekerjaan.
    "Salah satu penyebab kemiskinan adalah minimnya ketersediaan lapangan kerja dan termasuk rendahnya tingkat pendidikan dan belum meratanya pembangunan di setiap daerah,"ujar  anggota  Komisi I DPR RI itu, Senin.
      Penyebab-penyebab itulah yang harus diatasi pemerintah daerah termasuk di Sumut yang diketahui masih memiliki angka kemiskinan yang tinggi.
       Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut mengungkapkan bahwa Sumut masih memiliki angka kemiskinan yang tinggi.
      .Dari 33 kabupaten/kota, ada lima  daerah yang jumlah penduduk miskinnya  paling tinggi. 
      Kelima daerah itu yakni Kota Medan 206.870 jiwa, Langkat 114.190 , Deliserdang 110.090, Simalungun  92.190 dan Asahan 84.350.
‌ 
       Untuk itu,  kata Effendi MS Simbolon yang semakin mendapat dukungan kuat untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut 2018-2023, pemerintah daerah harus terus melakukan banyak program.
        Mulai dari mendorong tumbuhnya investasi, mendorong kinerja industri dan perkebunan/pertanian, menumbukan wirausahawan baru, meningkatkan sektor pendidikan hingga pembangunan infrastrutur serta objek wisata.
      "Pemprov Sumut harus mengikuti bahkan kalau bisa lebih bergerak cepat dari langkah Pemerintah Pusat yang membuat banyak program pembangunan untuk daerah seperti juga di Sumut," katanya.
    Selain ada Dana Desa yang cukuo besar, pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pusat di Sumut cukup banyak seperti jalan tol dan bandara.***4***
      

Pewarta: Evalisa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017