Medan, 28/8 (Antarasumut)  - Sebanyak 97 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) se-Sumut dilantik dan dilakukan pembekalan di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin.

Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan seluruh anggota Panwaslih dapat bekerja sesuai dengan aturan dan dapat bekerjasama dengan aparatur penegak hukum untuk menyelesaikan pelanggaran-pelanggaran Pemilu yang terjadi.

Pelantikan Panwaslih kabupaten/kota se-Sumut dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018, serta pemilihan legislatif dan  pemilihan Presiden tahun 2019 ini langsung dilakukan oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan.

Turut hadir komisioner Bawaslu Sumut Hardi Munthe, FKPD Provsu, tim seleksi Panwaslih se-Sumut serta sejumlah tokoh masyarakat dan undangan. 

“Atas nama pemerintah Provinsi Sumut, kami mengucapkan selamat atas pelantikan bapak dan ibu. Setelah ini tugas-tugas anggota Panwaslih ke depan sudah menanti di hadapan. Apalagi, Panwaslih memiliki tugas yang cukup panjang, mulai dari menggelar Pilkada, Pilgubsu, pemilhan legislatif hingga pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang,” terang Erry.

Untuk itulah, lanjut Erry, masa depan demokrasi berada di tangan penyelengara pemilu, sebab suksesnya demokrasi merupakan suksesnya penyelenggaraan pemilu. Oleh karena itulah, diharapkannya Panwaslih bisa bekerja sesuai dengan undang-undang. 

“Makanya undang-undang pemilu itu harus menjadi buku wajib bagi semua anggota Panwaslih. Selain itu kita harapkan juga Panwaslih dapat berkoordinasi dengan aparat yang ada di daerah karena itu akan berhubungan dengan penegakan hukum,” terang Erry.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017