Rantauprapat, 21/8 (Antarasumut) - Dinas Pendidikan Labuhanbatu menutup satu Sekolah Dasar (SD) Negeri 117499 di Lingkungan 7, Desa Suka Maju, Kel. Sei Berombang, Kec. Panai Hilir dikarenakan ketiadaan peserta didik.

Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu, Sarimpunan Ritonga, Senin ketika dihubungi mengatakan, memang dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, SD tersebut kurang di minati warga setempat. 

Menurutnya, hanya 1 dan 2 orang siswa saja yang mendaftar sehingga terkendala dengan proses belajar dan mengajar. "Ya tutup karena tidak ada siswanya," katanya.

Dia menjelaskan, tidak mengetahui pasti minimnya wali murid memasukan anaknya di sekolah tersebut, seperti sarana dan prasarana sekolah sudah sangat baik di SDN 117499. "Silahkan cek saja sekolahnya," ujar Sarimpunan.

Kepala unit pelayanan terpadu (UPT) Dinas Pendidikan Labuhanbatu, Kec. Panai Hilir, Jumirin mengatakan, sekolah yang sudah berdiri tahun 1982 hingga tahun 1990-an itu masih melakukan aktifitas belajar mengajar.

Pihaknya sudah melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas dan mutu pelajaran diantaranya, pembatasan rayon penerimaan siswa di wilayah itu. 

Namun, usaha itu tidak berjalan efektif, lalu tahun ajaran baru 2017/2018 tidak ada satupun siswa yang mendaftar.

Terakhir melakukan proses belajar-mengajar tahun di 2017 dengan komposisi enam ruang kelas, satu orang kepala sekolah dan seorang guru honorer serta meluluskan enam orang siswa.

Warga setempat yang pencariannya dari hasil perkebunan itu lebih memilih sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI). "Sekolah swasta berbasis agama disitu lebih diminati warga," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017