Pandan, 21/8 (Antarasumut)-Pertandingan lomba lari 10 K kategori umum yang diselenggarakan Pemkab Tapteng dalam rangka menyambut hari jadi Tapteng ke 72 tahun berlangung dengan sukses. 

Keluar sebagai pemenang untuk kategori umum putra 10k, oleh Frerack Sumbu asal negara Kenya sebagai juara I dan berhak mendapat hadiah Rp12juta. Juara II, Stephen Murngaturu dari Negera Kenya dengan hadiah Rp8juga, juara III, Charles Munya Njoko dari Kenya dengan hadiah Rp6juta, dan juara harapan I Jhon Kipkokir Rujio masih dari Kenya, dengan hadiah Rp4 juta, harapan II James Gurunga dari Kenya dengan hadiah Rp3juta, dan harapan III Charles Kuprok dengan hadiah Rp2juta dari negara kenya.

Sedangkan untuk kategori Putri 10k juara 1 dimenangkan oleh, Rosemary Mumo dengan hadiah Rp 12juta, dari negara Kenya, juara II Reninah Torech dengan hadiah Rp8juta dari Kenya, juara III Cyntia Chelangat dengan hadiah Rp6 juta, dari Kenya, harapan I Pretty Sihite dari Barus Tapanuli Tengah dengan hadiah Rp4juta, harapan II Nuromun Peranginangin dari Tanah Karo meraih hadiah Rp3juta, harapan III Jum Ramayahi asal Padang Panjang, meraih hadiah Rp2juta.

Dari kedua kategori Pertandingan pemenang juara didominasi peserta dari negara Kenya, sedangkan dari dalam negeri hanya meraih juara harapan saja.

Untuk kategori tingkat pelajar juara I Putra diarih oleh Soja Tullo Gulo dari SMK Manduamas dan berhak meraih hadiah Rp4juta. Juara II James Simamora dari SMA Matauli Pandan dan mendapat hadiah Rp3juta, Juara III diaraih Nober Indraha dari SMK Putra Harapan dengan hadiah Rp2juta. Sedangkan Juara harapan I Ramanus Waruhu dari SMPN2 Satu Atap, Harapan II Sariama Waruhu dari SMPN 1 Tukka, dan Harapan III diraih oleh Yusuf dari SMA Swasta Eka Satria, masing-masing mendapatkan uang pembinaan dan piala serta hadiah dan medali.

Sedangkan untuk kategori pelajar Putri juara I dirahi oleh Putriana Zenrato dari SMKN 1 Badiri, dengan hadiah Rp4juta, Juara II Lasmaria Tambunan dari SMAN 1 Matauli Pandan, dengan hadiah Rp3juta, Juara III, Nella Simanullang dari SMAN1 Sirandorung, dengan hadiah Rp2juta. 

Sedangkan Harapan I dari Dini Panggabean dari SMPN 1 Badiri, Harapan II dari Sosilani Panjaitan dari SMPN 1 Tuka, dan Harapan III dari Sismay R Manalu dari SMPN1 Tukka mendapat uang pembinaan dan piala serta piagam dan medali dari panitia.

Sementara itu kehadiran pelari dari Negara Kenya ini mendapat protes dari peserta lari, kusunya dari pelari Nasional yang datang dari Jakarta, NTB, dan juga dari Bandung. Dimana informasi yang sampai kepada mereka lomba lari 10 K untuk kategori umum bukan untuk tingkat Intenasional

Menanggapi hal itu, Kadis Pora Tapteng, Erman Lubis mengatakan, bahwa lomba lari 10 K untuk kategori umum sifatnya terbuka, termasuk peserta dari luar negeri atau Internasional.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017