Rantauprapat, 17/8 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengelar upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Kamis.

Upacara bendera yang dipimpin Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap itu berlangsung sukses dirangkai dengan pementasan drama tentang perjuangan Pahlawan Nasional, Sisingamangaraja XII yang dihadiri Uspida jajaran Pemkab Labuhanbatu, anggota DPRD, perwakilan Ormas, OKP dan undangan lainnya.

Namun, momentum upacara kemerdekaan tersebut tidak diikuti dengan baik oleh sejumlah pejabat Esselon II dan III ketika sang Saka Merah Putih itu di kibarkan oleh pelajar terbaik di Labuhanbatu, bahkan detik-detik pembacaan teks Proklamsi kemerdekaan oleh Ketua DPRD Dahlan Bukhori merek terlihat keluar tanpa alasan yang jelas.

Dari pantauan wartawan sekira pukul 10.05 WIB terlihat Kadis Perhubungan, Kadis Pertanahan,  Plt. BKD, Kepala PPKAD, Kaban Penelitian dan Pengembangan, Kepala Bappeda asik bercengkrama satu dengan lainnya di warung depan Mapolres Labuhanbatu, sehingga menjadi perhatian bagi warga yang melintas.

Warga Rantauprapat bernama Budi Siswandi yang mengenal pejabat Labuhanbatu tersebut merasa prihatin dengan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN) tersebut.

Menurutnya, oknum ASN yang di gaji negara itu tidak menghormati dan menghargai jasa-jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan. 

"Upacara kemerdekaan paling lama 2 jam. Nah, bagaimana dengan berjuang merebut kemerdekaan selama bertahun-tahun, mereka tidak menghargai jasa pejuang itu," ujar Budi.

Dia menyarankan, sebagai rasa syukur mengingat pergorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan, sebaiknya para ASN menghormati dan menghargainya, sehingga dapat menambah rasa semangat nasionalisme dan meningkatkan kedisiplinan bawahannya.

Dia berharap Bupati Labuhanbatu memberikan tindakan tegas bagi aparaturnya yang tidak disiplin dalam momentum resmi tersebut. Dengan demikian, rasa semangat nasionalisme, patriotisme dan semangat juang dapat membangun Kabupaten Labuhanbatu.

Terpisah, Sekretaris Daerah Labuhanbatu, M Yusuf Siagian ketika dihubungi mengatakan, Bupati sudah mengeluarkan surat edaran tentang rangkaian kegiatan kemerdekaan RI ke-72 yang diikuti ASN dijajaran Pembkab Labuhanbatu sebagai nilai positif kedisipilinan dan pengorbanan para pejuang. 

"Memang ada Bupati Labuhanbatu mengeluarkan surat edaran," katanya singkat.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017