Samosir, 15/8 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan menyerahkan bantuan berupa peralatan dan mesin kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 
     Bantuan tersebut langsung diserahkan Bupati, Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati, Juang Sinaga di Aula Kantor Disnaker Koperindag, Senin.
      Penyerahan bantuan turut dihadiri Kadis Kominfo, Kitman Malau, Kabag Humas, Rohani Bakara, dan Wakil Ketua TP PKK, Ny Juang Sinaga.
      Bupati Samosir memotivasi para pelaku UMKM untuk tidak perlu ragu lagi melangkah dalam mengembangkan usahanya, sebab Pemkab telah bekerjasama dengan lembaga keuangan (perbankan) untuk menyalurkan pinjaman sebagai modal usaha berupa kredit usaha rakyat (KUR).
     Bupati juga menyampaikan, pemerintah dan pelaku UMKM dituntut harus sinergis dalam meningkatkan kreatifitas dengan adanya bantuan dan fasilitas dari pemerintah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat secara umum.
     Bupati berpesan supaya mereka menjadi pelaku UMKM yang berkarya dengan mengedepankan kecintaan terhadap Kabupaten Samosir, dapat membanggakan seluruh masyarakat dan pertahankan serta tingkatkan citra masyarakat samosir yang terkenal dengan keragaman kreasi budayanya.
      Kepala Disnaker Koperindag, Viktor Sitinjak menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan untuk memberikan fasilitasi kepada pelaku UMKM berupa bantuan peralatan dan mesin untuk mendukung peningkatan kuantitas dan kualitas produk.
      Disnaker Koperindag juga berupaya menata pelaku usaha maupun pedagang pinggiran jalan di sekitar kawasan objek wisata, supaya lebih tertib dan bersih.
       Penerima bantuan tersebut, UMKM Samandali Kelurahan Tuktuk Kecamatan Simanindo mendapat satu unit mesin penepung andaliman, UMKM PKK Desa Cinta Dame Sitiotio dan UMKM Yesring Kecamatan Nainggolan, UMKM Sitao-tao Tanjung Bunga Kecamatan Pangururan masing-masing menerima bantuan alat kemasan hasil produk, 20 pedagang mangga pinggir jalan di Lumban Suhi Toruan Kecamatan Pangururan menerima tenda dan rak buah, UMKM Efrata Kecamatan Harian menerima tenda, UMKM Naisogop Kecamatan Sianjur Mulamula menerima peralatan masak roti ketawa dan sasagun serta alat pembuat kemasan hasil produk, UMKM Menara Pandang Tele Kecamatan Harian menerima rak pajangan.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017