Medan, 16/8 (Antarasumut) – Lismardiah salah satu mahasiswi Universitas Sumatera Utara  menjalankan usaha kecil menengah di kota Medan mulai saat SMA.

Pemilik usaha kecil menengah, Mbak Lis Collection, Lismardiah, kerap disapa Lis (20), di Medan, Rabu, mengatakan bahwa ia membuka usaha sendiri sudah mulai dari kelas 3 SMA, dan sampai saat ini masih menjalankan usaha tersebut.

Berawal dari keisengannya dan memakai produk buatannya sendiri maka muncullah beberapa permintaan dari lingkungan sekitar, sampai sejauh ini bisnis yang dijalankannya pun berjalan lancar.

Bahan yang diperoleh untuk membuat produk tersebut berasal dari Medan, adapun produk yang dihasilkan sampai saat ini yaitu bros, headpiece, boneka wisuda, bouquet bunga, mahar dan juga souvenir lainnya.

Kelebihan yang dimiliki produk karyanya yaitu detail produk yang lebih teliti dan juga rapi jika dibandingkan dengan yang lain, dan bahan yang digunakan dalam produk itu cenderung ke bahan flanel.

Dalam hal promosi Lis lebih mengandalkan media sosial dibandingkan dengan promosi secara fisik, hal tersebut karena menurutnya media sosial adalah cara yang paling efektif dengan sasaran yang tidak terbatas.

Untuk distribusinya produk tersebut bukan hanya beredar di Medan, hasil produksi mahasiswi tersebut pun sudah sampai ke beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Batam dan juga Pekanbaru. 

“Untuk kendala yang dialami sekarang yaitu waktu yang terkadang susah didapatkan apalagi saya tidak memiliki pekerja jadi saya harus menyeimbangkan antara kuliah dan kerja,” kata Lismardiah.

Usaha yang dijalankan Lis pun merupakan usaha pribadi tetapi untuk saat ini ia sedang mengurus kerjasama dengan SEC (Student Entrepreuner Centre) USU agar bisa dibantu dan dibimbing dalam menjalankan bisnisnya.

Pewarta: Novita Arum

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017